Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Desa Ciulu merupakan desa yang berada di wilayah Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Letak Desa Ciulu berada di sebelah timur dari pusat kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Pangandaran.

Desa Ciulu memiliki beragam potensi wisata alam dan budaya yang luar biasa. Letaknya yang strategis karena berada pada jalur wisata menuju Pantai Pangandaran akan memudahkan pengunjung untuk datang berkunjung ke Desa Ciulu. Tetapi, hal ini memerlukan kajian yang mendalam mengingat potensi ini belum digali secara maksimal, keberadaannya memerlukan sentuhan dari dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis.

Ada tiga potensi wisata Desa Ciulu yang dapat dijadikan aset pemerintah Kabupaten Ciamis ke depan dalam rangka menciptakan ekonomi mandiri dan kreatif, potensi tersebut berupa:

BACA JUGA!

1. Pemandian Air Panas

Pada tahun 1990-an pemandian air panas ini pernah menjadi primadona destinasi wisata lokal. Tempatnya tidak jauh dan mudah diakses oleh warga sehingga menjadi pilihan utama wisata yang murah meriah.

Ketika pemandian air panas ini dianggap berhasil, pada tahun 2000 pemerintah Desa Ciulu mengembangkan potensi air panas menjadi lebih luas, yaitu dengan menggagas pembuatan kolam pemandian air panas satu-satunya di Kabupaten Ciamis.

Tetapi disaat wisata air panas Desa Ciulu mulai ramai dikunjungi, kegiatan wisata terhenti karena sumber air panas sebagai pasokan utama pemandian dan kolam renang tidak mengalir secara maksimal, tersendat bebatuan yang masuk dalam jalur sumber air. Akibatnya sampai saat ini keberadaan pemandian air panas Desa Ciulu terbengkalai.

Saat ditemui Galuh.Id, Ketua Karang Taruna Desa Ciulu, Saepudin, mengungkapkan pihaknya sangat prihatin dengan keberadaan pemandian air panas yang sudah tidak bisa digunakan. Rencana ke depannya bersama pemerintah desa, karang taruna akan membantu program pemerintah desa agar destinasi wisata di Desa Ciulu dapat terwujud.

2. Wisata Pemandangan Alam

Desa Ciulu memiliki wilayah daratan pegunungan dan pesawahan. Potensi pemandangan alam ini bisa menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung. Salah satu lokasi di Desa Ciulu yang menyuguhkan pemandangan dari atas pegunungan adalah daerah Pondok Sereh.

Pengunjung dapat melihat langsung perkotaan Banjarsari, area persawahaan yang luas, serta rawa-rawa yang berada di sekitarnya. Lokasi ini sangat cocok untuk para pengunjung yang senang mengabadikan momen dengan foto-foto.

Dalam perjalanan menuju lokasi, pengunjung dapat menemukan hal yang tidak bisa ditemukan di tempat lain, sepanjang jalan pengunjung akan disuguhi oleh udara segar dan pepohonan yang rindang. Suara alam akan mendominasi perjalanan, suara air terjun akan menyejukkan pengunjung di perjalanan menuju pesona Pondok Sereh. Namun, untuk mencapai tempat tersebut, pengunjung memerlukan tenaga ekstra, karena akses jalan yang sulit dijangkau oleh kendaraan, untuk mencapainya dibutuhkan waktu kurang lebih tiga puluh menit dari tempat pemandian air panas.

3. Cagar Budaya Seni Ronggeng Gunung

Ronggeng Gunung Desa Ciulu merupakan cagar budaya yang dilindungi keberadaannya karena dianggap hampir punah. Ronggeng Gunung Desa Ciulu memiliki keunikan tersendiri dengan ronggeng lainnya.

Kelompok Ronggeng Gunung Desa Ciulu pimpinan Bi Raspi yang dinamai Ronggeng Gunung ‘Panggugah Rasa’ ini sebetulnya sudah menjadi Ikon Provinsi Jawa Barat yang telah mengharumkan Kabupaten Ciamis dan Provinsi Jawa Barat di mata dunia internasional.

Ronggeng Gunung Panggugah Rasa menyimpan hal mistis dan memiliki alur peradaban sejarah kebudayaan di masa lampau. Banyak cerita yang terkandung di dalam mantra-mantra yang dilantunkan yang mengisahkan kehidupan maupun hikayat. Namun, Ronggeng Gunung Panggugah Rasa yang dibanggakan Pemerintah Kabupaten Ciamis ini, keberadaanya sangat memprihatinkan dan memerlukan perhatian khusus.

Terkait hal tersebut, Kepala Desa Ciulu, H. Ramli Mahmud , menuturkan, “terkait dengan usulan dari para pemuda tentang keberadaan destinasi wisata pemandian air panas, wisata alam, dan cagar budaya di desa Ciulu, Pemerintah Desa Ciulu merespon baik usulan tersebut, saya akan berkoordinasi dengan lembaga-lembaga desa lainnya untuk pengkajian lebih lanjut. Kendala utama yang dirasakan adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia untuk pengelolaan destinasi wisata tersebut. Harapan saya dengan segala potensi alam dan budaya yang dimiliki oleh Desa Ciulu, kami berharap adanya keterlibatan aktif dari pemerintah kabupaten Ciamis dalam membangun kesejahteraan ekonomi masyarakat Ciamis secara utuh.”

(Yanyan Iskandar) GALUH ID

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini