Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Angka cantik 12 12 16 menjadi awal pergerakan Komunitas Kuliner Ciamis, angka tersebut adalah tanggal ketika Komunitas Kuliner Ciamis terbentuk melalui akun grup facebook yaitu 12 Desember 2016. Teguh, Dhito dan Ganis penggagas Komunitas Kuliner Ciamis, tidak sengaja memilih tanggal cantik tersebut.

Berawal dari kesukaan mereka jajan dan dengan niat membagikan ulasan berbagai makanan khas Ciamis ke pecinta kuliner Ciamis dengan cara-cara kekinian yaitu dengan mengunggah ulasan berbagai jajajanan dan makanan di seputar Kota Ciamis, iseng mereka membuat akun tentang kuliner Ciamis di facebook yang lebih dikenal dengan nama Grup Wisata kuliner Ciamis (KUKIS).

Siapa sangka keisengan tersebut telah membantu banyak pegiat kuliner Ciamis dalam promosi kuliner olahan mereka. Dua tahun lebih terbentuk, Komunitas Kuliner Ciamis telah mempunyai lebih dari 30.000 anggota yang mempertemukan para penggiat dan penggemar kuliner Ciamis. Bahkan diakui beberapa penggiat kuliner, dengan menawarkan dagangan mereka di grup Kukis, omzet mereka pun bertambah seiiring dengan bertambahnya jumlah anggota grup Kukis.

Anda bisa searching Wisata Kuliner Ciamis di facebook dan bersiaplah ‘ngiler’ setiap saat karena foto-foto makanan yang diunggah para anggota Kukis. Di grup tersebut, Anda bisa berinteraksi langsung dengan penjual jajanan maupun makanan yang sedang hits di Ciamis.

Anda mau jajan bakso, seblak, mie ayam atau makanan lainnya? Ada begitu banyak kuliner yang bisa Anda pilih. Selain bisa jajan di tempat, para pegiat kuliner Ciamis biasanya menyediakan jasa delivery order, jadi hasrat jajan Anda masih bisa terpuaskan karena pesanan bisa diantarkan langsung ke alamat Anda.

Masalah rasa, jangan takut tertipu dengan indahnya foto-foto makanan yang dibagikan di grup Kukis, karena Anda bisa membaca banyak ulasan kuliner yang dibahas oleh Miss Kukis maupun oleh penggemar kuliner Ciamis lainnya.

Tapi bukan cuma interaksi di media sosial saja, para penggiat dan penggemar kuliner Ciamis juga rutin bertemu untuk sekedar silaturahmi dan mendiskusikan kegiatan mereka selanjutnya. Bahkan, ketika ditanya motto Kukis, Ganis dengan berkelakar menjawab, ‘Makan tidak makan asal silaturahmi’.

Pertemuan paling anyar grup Kukis dilaksanakan di Wicks Cafe pada Minggu, 10 Maret 2018. Menurut Ganis, pada pertemuan tersebut selain sharing berbagai pengalaman selama bergelut di Grup Kukis juga tercetus ide untuk membuat Peta Kuliner Ciamis yang mendokumentasikan berbagai kuliner Ciamis lengkap dengan ulasan dan alamat, sehingga orang dari luar Ciamis bisa tahu kemana mereka pergi jika ingin mencicipi berbagai kuliner Ciamis.

Ssst, sedikit bocoran di Ciamis sekarang sedang hits ayam goreng khas Ciamis. Ayam goreng ini diberi bumbu surundeng yaitu bumbu yang diolah dari parutan kelapa, untuk memesan atau membeli langsung, silahkan cek di Grup Komunitas Kuliner Ciamis melalui media sosial Anda.

(K.P Latief) GALUH ID

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.