Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sudah bukan rahasia umum jika persaingan dan permusuhan antar suporter menjadi bagian dari dunia sepak bola Indonesia. Acapkali terdengar tawuran antar suporter yang dipicu oleh kekalahan salah satu klub sepak bola. Sebut saja permusuhan berkepanjangan antara Jakmania suporter pendukung Persija Jakarta dan Bobotoh ataupun Viking suporter pendukung Persib Bandung, juga permusuhan antara Aremania suporter pendukung Arema dan Bonek suporter pendukung Persebaya Surabaya.

Namun, tidak demikian dengan dunia suporter di Kabupaten Ciamis, komunikasi yang intens antar suporter kerap dijalin. Ciamis yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Barat adalah salah satu basis suporter Persib Bandung, suporter Persib di Ciamis menamakan dirinya dengan Viking Galuh yang dibentuk sejak tahun 2006. Namun, bukan hanya Viking Galuh, Ciamis yang diakui sebagai barometer sepak bola di wilayah Priangan Timur kini dikenal karena klub sepak bola PSGC yang juga mempunyai komunitas suporter, salah satunya adalah Balad Galuh.

Dalam rangka menjalin persahabatan antar komunitas suporter di Ciamis, Viking Galuh dan Balad Galuh sore ini (13/4/2018) mengadakan pertandingan sepak bola yang dilaksanakan di Stadion Galuh Ciamis. Pertandingan ini dilakukan 2 babak dimana pemain dari masing-masing tim bisa merasakan bermain di lapangan Stadion Galuh Ciamis, stadion kebanggaan warga Ciamis.

Masing-masing tim berlomba saling mencetak gola. Tapi, gol bukanlah hal yang utama dalam pertandingan ini. Diakui oleh Ebet, salah satu pengurus Viking Galuh, pertandingan persahabatan ini diadakan selain karena senang menonton dan bermain sepak bola, juga lebih ke menjalin silaturahmi antara Viking Galuh dan Balad Galuh. Senada dengan Ebet dari Viking Galuh, Asep Rio Sudrajat, Sekjen Balad Galuh mengatakan, “kami ingin menjalin silaturahmi dengan Viking Galuh juga menjalin persahabatan, agar nantinya kompak. Dan diharapkan anggota Viking Galuh juga bisa mendukung PSGC, klub sepak bola kebanggaan urang Ciamis.”

Sementara itu, Pomo wakil ketua Balad Galuh menambahkan jika ajang sepak bola antara Viking Galuh dan Balad Galuh ini juga untuk mengompakkan kembali para anggota Balad Galuh dari berbagai distrik untuk persiapan mengawal PSGC di liga 3 maupun di ajang Piala Indonesia. Pomo juga berharap jika ke depannya Viking Galuh dan Balad Galuh bisa bekerja sama mengadakan acara-acara sosial. Rencananya, Viking Galuh dan Balad Galuh akan menggelar kerja bakti beberesih di Stadion Galuh Ciamis pada hari Sabtu (14/3/2018).

(K. Putu Latief) GALUH ID

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.