Ragam

Buka Bersama Alumni KPM Galuh Rahayu Ciamis Pengikat Kebersamaan

CIAMIS – Para Alumni Komunitas Pelajar dan Mahasiswa (KPM) Galuh Rahayu –sebuah komunitas wadah para pelajar dan mahasiswa asal Ciamis yang menuntut ilmu di Kota Yogyakarta– mengadakan acara Buka Bersama (Bukber) di Saung Mirah, Cijeungjing (10/6/2018). Acara ini dihadiri 73 orang alumni KPM Galuh Rahayu, diantaranya Nana Supriatna pegawai Kemenag Kabupaten Pangandaran, Sopwan Ismail anggota DPRD Kabupaten Ciamis, dan Yadi Kurniadi aktivis sosial yang kini bermukim di Kota Banjar.

KPM Galuh Rahayu yang sudah berdiri sejak tahun 1964 ini telah membantu banyak pelajar maupun mahasiswa asal Ciamis yang menuntut ilmu di kota Yogyakarta untuk beradaptasi di kota tersebut. Jika Anda pernah merantau ke sebuah kota jauh dari saudara dan sanak famili kehadiran teman satu kampung halaman akan banyak membantu mengatasi gegar budaya di kota yang dituju hingga lebih mudah untuk beradaptasi dengan kebudayaan setempat juga bersosialisasi dengan masyarakat di kota perantauan. Kesamaan kampung halaman menjadi perekat silaturahmi mereka yang sedang belajar jauh dari kampung halamannya.

Hal inilah yang mendasari adanya KPM Galuh Rahayu. Dari kebersamaan ketika sama-sama belajar di Yogyakarta timbul keinginan untuk memelihara kebersamaan tersebut walaupun sudah tidak lagi berstatus pelajar atau mahasiswa, karena itulah para alumni KPM Galuh Rahayu berusaha berkumpul kembali ketika sudah pulang kampung. Salah satunya adalah dengan buka bersama di bulan Ramadhan ini. Tahun ini adalah acara kedua Bukber alumni KPM Galuh Rahayu. Ke depannya para alumni KPM Galuh Rahayu berencana untuk membuat acara yang lebih meriah lagi.

Selain itu, timbul pula ide untuk membantu merenovasi Asrama KPM Galuh Rahayu yang ada di Yogyakarta dengan sistem udunan. Asrama yang menjadi tempat tinggal sekaligus tempat berkumpul sebagian mahasiswa asal Ciamis dan sekitarnya itu telah menjadi tempat bersejarah bagi mereka yang pernah belajar di Kota Yogyakarta.

Kebersamaan para Alumni KPM Galuh Rahayu Ciamis setelah acara Buka Bersama di Saung Mirah – Cijeungjing

KPM Galuh Rahayu sendiri mempunyai banyak kegiatan. Mereka yang tergabung di KPM Galuh Rahayu kerap melakukan sosialisasi ke SMA/SMK dan yang sederajat di seluruh Kabupaten Ciamis terkait perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta yang menjadi tujuan para pelajar lulusan SMA/SMK dan yang sederajat.

Dari sosialisasi tersebut para pelajar diperkenalkan dengan kultur Yogyakarta, adakalanya pelajar yang masih bimbang untuk melanjutkan kuliah terbantu dengan sosialisasi dari KPM Galuh Rahayu ini, karena dengan sharing pengalaman para anggota KPM Galuh Rahayu mereka –para pelajar yang mungkin takut dan tidak percaya diri untuk melanjutkan kuliah di Yogyakarta- bisa yakin dan mantap untuk memilih kuliah di Yogyakarta, mereka tahu di Yogyakarta mereka tidak akan pernah merasa sendirian, saudara se-kampung halaman akan siap membantu dan membimbing mereka.

(K. Putu Latief) Galuh ID

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paling Dibaca

Sebuah portal web berita menulis artikel daring di Seluruh Lingkungan Tatar Galuh Ciamis. Awal terbentuk, berkat sekelompok pemuda ciamis yang berinisiatif untuk memberikan berita serta informasi dengan ulasan yg professional, valid, faktual

Copyright © 2019 Custom Theme by ABAH, powered by Wordpress.

To Top