Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Salah satu crew Galuh ID bagian Medsos Specialist mengingatkan anggota WAG Crew Galuh ID agar bersabar jika tidak ada satupun dari crew Galuh ID yang mendapatkan undangan untuk menonton laga Bogor FC vs PSGC Ciamis di Stadion Mako Brimob, Depok pada 5 Agustus 2018 nanti.

“Harus ingat kalau Mako Brimob itu area steril dan tidak ditujukan untuk keramaian massa,” begitu Ia berpesan. Saya langsung membantah, “nggak ah, aku mah mau sakit hati,” lengkap dengan emoticon sedih.

Alasan Stadion dijadikan Arena Asian Games di daerah sekitar Jabodetabek memang menyebalkan bagi kami para pejuang tandang. Karena PSGC Ciamis yang satu grup dengan Persikabo Bogor dan Bogor FC (dulu Persikad Depok) di Liga 3 membuat beberapa laga away PSGC Ciamis dalam status TBC (to be confirmed) alias Tempat Belum Clear, alasannya karena Stadion tempat kedua klub itu ber-markas digunakan sebagai venue Asian Games. Hal ini tentu membuat suporter deg-degan. Iya, kami deg-degan karena tidak jelasnya Kebanggaan kami akan bertanding di mana.

Contoh paling dekat adalah laga PSGC Ciamis melawan Persikabo Bogor pada 28 Juli 2018 yang lalu. Gosip semula, laga itu akan diselenggarakan di Stadion Singa Perbangsa Karawang, Balad Galuh Tour Company (bagian BG yang mengurusi masalah away) sudah bersiap-siap dengan estimasi biaya meliputi ongkos kendaraan dan tiket masuk Stadion. Saya sendiri sedikit penasaran dengan Stadion Singa Perbangsa Karawang karena banyak para legenda suporter PSGC yang bercerita betapa hebohnya ketika PSGC melawan Persika Karawang di kandangnya itu.

Lalu beberapa hari sebelum pertandingan, surat dari PSSI beredar di media sosial, isinya Persikabo Bogor vs PSGC Ciamis akan digelar di Stadion Badak Putih, Cianjur. Adilla Rahman, penanggung jawab Balad Galuh Tour Company langsung sakit kepala dan harus berhitung ulang agar biaya away terjangkau semua kalangan. Sementara saya bersama para suporter perempuan pendukung PSGC Ciamis yang tergabung dalam Wanoja Galuh terkena bimbang-itis, semacam penyakit ragu-ragu: away nggak ya? Mengingat kami harus berpikir masalah ehmm budget. He~

Jarak Ciamis-Cianjur mungkin sama dengan jarak Ciamis-Karawang, tapi perpindahan venue yang mendadak membuat crew Balad Galuh Tour Company harus memutar otak untuk mendapatkan kendaraan yang sesuai budget semua suporter yang ingin ikut away.

Hal yang sama terulang lagi di laga Bogor FC vs PSGC Ciamis. Ketidakjelasan venue yang semula TBC alias ‘belum jelas mau di mana’ terjawab sudah, pertandingan yang akan mempertemukan Laskar Ciung Wanara dengan tim yang semula bernama Persikad Depok ini akan digelar di Stadion Heri Sudrajat, Mako Brimob Depok, lengkap dengan catatan khusus: HANYA UNTUK TAMU UNDANGAN. Alasannya seperti dikutip dari instagram Bogor FC adalah permintaan dari pihak Mako Brimob sendiri untuk membatasi penonton alasannya selain karena kapasitas Stadion yang memang kecil, wilayah Mako Brimob adalah wilayah steril dari keramaian massa. Tetapi, tempat yang sama pernah digunakan sebagai venue konser Endang Soekamti pada tahun 2016 dengan penonton yang cukup banyak.

Usut punya usut untuk tim tamu hanya disediakan 20 undangan saja, itu pun tergantung kebijakan manajemen PSGC Ciamis pada siapa undangan itu akan diberikan. Tentu tak semua bisa ikut away, karena untuk away kali ini bukan cuma masalah dana dan waktu, tapi harus pula pegang undangan. Sakit hati kan?

Sementara itu, di facebook ramai-ramai anak-anak Balad Galuh menyebar poto undangan lengkap dengan nama mereka masing-masing. Mereka yang tidak paham sarkasme akan melihatnya sebagai bentuk keputusasaan, sementara mereka yang paham akan langsung tahu jika undangan hasil editan itu adalah bentuk protes Balad Galuh karena tidak bisa leluasa menonton PSGC Ciamis secara langsung.

Undangan editan salah satu suporter PSGC Ciamis

Bisa sih menonton via streaming di Channel Medsos Bogor FC, tapi percayalah menonton langsung PSGC Ciamis bertandang itu jauh lebih nikmat dibanding nonton di kandang apalagi nonton via streaming. Bagi para pejuang tandang daripada beli kuota untuk streaming mending kami bayar ongkos perjalanan Ciamis-Depok, ya kan?

Menonton sepak bola khusus untuk tamu undangan itu mengingatkan saya pada Resepsi Pernikahan Mantan. Hati bertanya-tanya si mantan masih ingat nggak ya? Diundang nggak ya?

Please ya deg-degan menunggu undangan pernikahan mantan itu menyebalkan. Apalagi untuk mereka yang belum bisa move-on, diundang atau tidak diundang sama-sama menyakitkan.

Kalau tidak diundang berarti si mantan benar-benar sudah lupa sama kita, dan siapapun tahu jika dilupakan itu bikin berdarah-darah, kita mah tiap malam berdoa semoga Si Eta masih ingat dan suatu hari bisa kembali lagi merajut benang-benang asmara yang pernah putus, eh dia mah tidak ingat sedikit pun, nikahannya saja nggak ngundang-ngundang.

Tetapi kalau diundang perlu persiapan mental juga untuk melihat Si Dia berbahagia bersama orang lain, ingat ya, tidak semua orang bisa se-logowo Mas Pur. Hiks. Pada kasus undangan menonton sepak bola di Mako Brimob, jika benar-benar mendapat undangan harus diingat PSGC Ciamis bertanding di markas bapak-bapak polisi yang terhormat. Tentu suporter yang mendapat undangan harus sesopan mungkin dan tidak akan leluasa berteriak, bernyanyi dan memaki ketika mendukung Kebanggaan bertanding.

Tapi kalau disuruh memilih mending dapat undangan pernikahan mantan atau dapat undangan menonton PSGC Ciamis di Mako Brimob Depok? Ya bagi suporter sepak bola seperti kami yang kedua tentu yang paling kami harapkan.

Saya bisa membayangkan si Mantan, eh manajemen PSGC sekarang sedang pusing bagaimana caranya memilih 20 suporter yang akan diundang untuk menonton PSGC Ciamis langsung di Depok.

Eh ngomong-ngomong kenapa sih manajemen Bogor FC tidak memilih Stadion yang lebih luas agar kami suporter tuan rumah dan suporter tamu bisa leluasa mendukung Kebanggaan kami? ***

Kanal Curhat Editor adalah arena menulis editor Galuh ID, K. Putu Latief untuk mencurahkan segala uneg-unegnya tentang PSGC dan Ciamis. Editor yang akrab dipanggil Ndu ini juga dikenal sebagai pegiat Wanoja Galuh. Anda mau curhat juga? Galuh ID menyediakan Kanal Saur Anjeun, silakan kirim tulisan Anda ke email ndu@galuh.id atau jika web Galuh ID sedang maintenance bisa kirim langsung ke WA 085320993883. 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
 
 
"menulis untuk kebahagiaan dan mengedit untuk kepuasan"

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini