Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kolam renang Tirta Winaya yang berlokasi di Kertahayu, kelurahan Sindangrasa, kecamatan Ciamis berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Bahkan masih eksis ketika penjajahan Belanda berakhir dan Indonesia diduduki oleh Jepang. Sekarang, walau tidak seramai dulu, tetapi keberadaan Kolam Renang Tirta Winaya masih sering dikunjungi masyarakat Ciamis.

Rudi, salah satu petugas penjaga kolam renang sejak tahun 1987 hingga tahun 1989 dan kembali bertugas pada tahun 2018 setelah sebelumnya pindah tugas ke Pangandaran mengatakan jika Kolam Renang Tirta Winaya ini sangat erat kaitannya dengan sejarah Indonesia. Kolam renang yang didirikan pada zaman penjajahan Belanda ini juga melewati masa peralihan ke zaman penjajahan Jepang.

“hal yang tidak jauh berbeda dengan bangunan yang kental dengan zaman penjajahan di Tirta Winaya adalah ruang ganti baju dan 1 kolam yang berada di bawah, tapi sayangnya hal itu sudah tak bisa dilihat karena sudah rusak ditelan jaman, sudah tak terurus,” terangnya.

Kolam Renang Tirta Winaya bagian bawah yang sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

BACA JUGA!

Hingga sekarang kolam renang Tirta Winaya keadaanya belum banyak berubah hanya penambahan 2 kolam di bagian atas kolam yang lama dan juga 5 buah Gazebo.

“Kami berharap ada perhatian lebih dari pemerintah Kabupaten untuk perbaikan dan penambahan fasilitas agar kolam Tirta Winaya tidak kalah saing dengan kolam renang swasta dan tidak sampai ditinggalkan pengunjungya karena Tirtawinaya merupakan peninggalan sejarah yang beralih dari masa ke masa,” pungkasnya.

(Fahmi) Ciamis-Galuh ID

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini