Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tim Bola Voli Pasir Kabupaten Ciamis meraih juara pertama pada kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jawa Barat 2018. Bertempat di Sport Center Arcamanik Bandung, Tim Bola Voli Pasir Kabupaten Ciamis berhasil mengalahkan Tim Bola Voli Pasir Kabupaten Pangandaran pada partai final Kamis (3/8/2018).

Kabupaten Ciamis yang diwakili oleh Heryanto dan Apriyana Suryana pelajar dari MAN 2 Ciamis ini menghadapi 5 pertandingan sebelum akhirnya keluar jadi juara. Pada babak penyisihan Tim Bola Voli Pasir Kabupaten Ciamis berhasil mengalahkan tim dari Kabupaten Indramayu, Karawang dan Garut dengan kemenangan 2 set langsung. Di babak semi final tim asuhan Aar Irwan Hakim, M.Pd dan Ade Jaya Sutisna ini melawan tim dari Kabupaten Bogor dan lolos ke babak final melawan Kabupaten Pangandaran.

Aar Irwan Hakim menjelaskan jika permainan bola voli pasir sangat berbeda dengan bola voli indoor, pemain bola voli pasir hanya dua orang dan tidak ada cadangan, sehingga pemain harus main full hingga menang 2 set dalam satu kali pertandingan.

Selain itu, berbeda dengan bola voli biasa yang bisa dimainkan di dalam ruangan (indoor), maka bola voli pasir hanya bisa dilakukan di luar ruangan (outdoor), “bola voli pasir ini mau hujan atau panas tetap diselenggarakan atas kesepakatan dan pemain juga tidak memakai sepatu, sehingga peminatnya juga kurang banyak karena takut hitam” terang Aar.

Walaupun peminat kurang hanya sekitar 7% bila dibandingkan dengan bola voli indoor, tetapi menurut keterangan Aar, peluang berkembangnya bola voli pasir di Ciamis sangat menjanjikan, karena hanya dibutuhkan dua orang dalam satu tim. “Terbukti atlet Ciamis pernah ikut Sea Games 2007, Filiphina. Kemudian setiap PON atlet bola voli pantai Ciamis selalu ada yang ikut menjadi Tim Kontingen.” Jelasnya.

Tim Bola Voli Pasir Kabupaten Ciamis Usai memenangkan pertandingan final melawan tim tuan rumah di Kabupaten Pangandaran (2/8/2018)

Ketika ditanya mengenai strategi khusus untuk menenangkan pertandingan, Aar menjelaskan jika strategi tergantung situasi dan kondisi, terutama masalah persiapan, “kalau POPDA 2 tahun lagi, maka persiapan pun sambil seleksi dulu dalam waktu 2 tahun, karena tidak sedikit yang berhenti di tengah jalan dengan alasan cape.”

“Sementara strategi khusus pada saat bertanding harus ekstra ketat apalagi pelatihnya harus benar-benar fokus jangan lengah sehingga sama kayak atletnya butuh penyemangat,” lanjut pelatih yang melatih atletnya di Lapangan Bola Voli Pasir Taman Lokasana ini.

Sebenarnya, bukan hanya kali ini Tim Bola Voli Pasir Kabupaten Ciamis jadi juara, “Alhamdulillah yang seniornya kemarin bulan Mei 2018 juara kesatu se-Indonesia kategori umum Indonesia Open di Pantai Padang Pariaman,” ungkap Aar.

Sementara itu, tim bola voli pasir dari MAN 2 Ciamis sendiri pernah mewakili provinsi Jawa Barat di Sidoarjo dengan perolehan medali Perak Kejuaraan Pelajar tingkat nasional, “prestasi Tim Bola Voli Pasir ini berkat kekompakan semua pengurus dan maniak voli Ciamis,” pungkasnya.

(K. Putu Latief) Ciamis-Galuh ID

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
 
 
"menulis untuk kebahagiaan dan mengedit untuk kepuasan"

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini