Fotografer: Georg Freidrich Johannes, Courtesy: Troopen Museum
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tahukah Anda jika wilayah Tatar Galuh Ciamis pernah tersohor sebagai gudang kelapa paling makmur di Priangan Timur? Banyak pabrik minyak kelapa didirikan oleh para pengusaha kala itu, yang paling tersohor yaitu Pabrik Gwan Hien yang oleh lidah orang Galuh dilafalkan menjadi Guanhin.

Salah satu bukti peninggalan sejarah tersebut bisa Anda lihat di daerah Kertasari Ciamis. Bangunan Pabrik Gwan Hien masih berdiri kokoh walaupun didirikan pada tahun 1925 dan dikenal sebagai gudang kelapa paling makmur sampai tahun 1933.

Menurut Neneng, salah satu orang yang dipercaya mengurus Gwan Hien, luas dari pabrik Gwan Hien sekitar 1,2 hektar yang dulunya merupakan salah satu pabrik minyak kelapa, namun sekarang sudah tidak dipergunakan lagi. Alasannya selain karena bahan bakunya susah didapat, sekarang keberadaan minyak kelapa terdesak oleh produksi minyak kelapa sawit. Kini sebagian dari pabrik ini dipakai sebagai tempat pencucian mobil.

Lanjut Neneng, pabrik Gwan Hien didirikan pada zaman penjajahan Belanda dengan pegawai yang sangat banyak. Mereka, para pegawai tersebut terbagi dalam 3 shift waktu kerja. Menurut Neneng pada masa kejayaan Pabrik Gwan Hien, minyak kelapa yang diproduksi mencapai 100 ton per hari.

Sayangnya sekarang alat-alat pabrik sudah tidak ada karena dibawa oleh pemiliknya ke Jakarta, yang tertinggal hanya bangunan yang sudah tua bekas pabrik yang masih berdiri di Jalan Ahmad Yani, Kertasari, Kecamatan Ciamis.

(Fahmi) Ciamis-Galuh ID

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
 
 
"menulis untuk kebahagiaan dan mengedit untuk kepuasan"

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini