Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Galuh ID- Kementrian Komunikasi dan Informasi melalui Kominfo Kabupaten Ciamis menyelenggarakan acara Pertunjukan Rakyat di Lapangan Sepakbola Cibolang, Desa Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, Ciamis pada Sabtu (01/09/2018). Acara yang dimulai pukul 19.30 WIB ini bertajuk “Dengan Seni Budaya Kita Bangkitkan Rasa Nasionalisme untuk Keutuhan NKRI”.

Pertunjukkan Rakyat ini menampilkan penampilan dari Sanggar Laras Kabuyutan, Panawangan, Ciamis pimpinan Uyat Sudrajat. Puncak acara diisi dengan pertunjukan Wayang Golek Modern yang menampilkan lakon ‘Gedong Sadasa’ dipimpin oleh Trio Dalang yang terdiri dari Eman Dede Amung Sutarya, Sena Wawan Dede Amung Sutarya dan Asep Aceng Amung Sutarya. Selain itu ada pula penampilan Calung Bodoran yang berhasil menghibur penonton dengan gaya komedi sunda yang khas.

Fery Ginanjar, ketua panitia Pertunjukan Rakyat ini mengatakan jika sangat jarang acara kebudayaan yang diselenggarakan di desanya, maka dengan adanya Pertunjukan Rakyat ini, ia bersyukur dan berterima kasih pada Diskominfo Kabupaten Ciamis yang telah menyelenggarakan acara Pertunjukan Rakyat di desa Nagarajaya ini.

BACA JUGA!

Hal senada diungkapkan oleh Uyat Sudrajat, pimpinan Sanggar Laras Kabuyutan, beliau mengapresiasi adanya Pertunjukan Rakyat di desa Nagarajaya bisa ini.

“Bagus sekali, apalagi memang jarang pertunjukan dengan biaya besar dan panggung megah di desa-desa seperti ini, tapi ini benar-benar hiburan rakyat yang memang merakyat,” terangnya.

Hal positif dari Pertunjukan rakyat ini menurut Uyat Sudrajat adalah memotivasi para pemuda Karang Taruna desa Negarajaya untuk bekerja bersama-sama dalam persatuan dan kesatuan. Selain itu masyarakat juga bisa menilai perkembangan seni rakyat.

“Ternyata pertunjukan seperti ini banyak yang menggemari, hanya saja karena memerlukan biaya yang besar jadi jarang ada masyarakat yang menyelenggarakan pertunjukan seperti ini,” ungkapnya.

Warga memang antusias dengan adanya Pertunjukan Rakyat ini, seperti yang dikemukakan Sukri (55) yang senang karena di desanya bisa diselenggarakan Pertunjukan Rakyat yang cukup megah.

“Sangat jarang di desa kami pertunjukan kesenian seperti ini, karena itu saya sampaikan terima kasih pada Diskominfo dan pak Uyat Sudrajat sebagai pimpinan Sanggar Laras Kabuyutan,” pungkasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini