Panumbangan, Galuh.id – Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan debit air Sungai Citanduy meningkat, akibatnya hektaran sawah di Kabupaten Ciamis terendam air. Hal ini diketahui setelah Ade Waluya, Ketua Taruna Siaga Bencana melakukan pengecekan Sungai Citanduy yang dimulai dari kecamatan Panumbangan sampai dengan kecamatan Sukaresik kabupaten Ciamis, Senin (26/11/2018).

Menurut Ade, pada saat pengecekan terdapat tanggul sungai Citanduy yang jebol di desa Panumbangan. Akibatnya air sungai Citanduy masuk ke sawah-sawah warga dan hektaran sawah warga terendam.

BACA JUGA!

Ade menghimbau kepada masyarakat yang rumahnya berdekatan dengan sungai Citanduy untuk berhati-hati dan waspada dengan intensitas hujan yang tinggi.

Ade juga menyampaikan bahwa daerah yang terdampak dari meningkatnya air sungai Citanduy sampai dengan Kecamatan Banjarsari, kecamatan Lakbok dan Kecamatan Purwadadi. Daerah tersebut sering kali terkena dampak apabila air sungai Citanduy di hulu meningkat.

“Kami siaga 24 jam apabila ada laporan dari masyarakat terkait bencana, kami langsung terjun ke lapangan untuk mengecek dan antisipasi terjadinya bencana lebih besar,” pungkasnya.

(Arul)

 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini