Ciamis, galuh.id – Kebakaran di SDN 5 Maleber Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis pada Kamis (6/12/2018) menghanguskan satu ruang kelas. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Iat Rohmat, Kepala Sekolah SDN 5 Maleber menyampaikan kebakaran terjadi setelah proses belajar mengajar telah selesai dan siswa beserta guru sudah pulang, sehingga tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

Awalnya kejadian kebakaran tersebut diketahui oleh warga sekitar yang melihat kepulan api di atas atap salah satu ruang kelas, warga kemudian memberi tahu pihak sekolah.

BACA JUGA!

Warga beserta guru dan kepala sekolah bergotong royong mematikan api dengan peralatan seadanya. Beruntung tak lama kemudian api berhasil dipadamkan. Tetapi, api telah menghanguskan dinding kelas, lemari kelas dan beberapa kursi beserta meja. Kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai 40 juta rupiah.

Iat menerangkan pihak sekolah sudah 3 kali memperbaiki kabel listrik yang rawan korslet oleh petugas PLN, “tetapi, tidak tahu kenapa terjadi konsleting listrik?” terang Iat.

“Untuk mengantisipasi supaya proses belajar mengajar berjalan, siswa yang menggunakan kelas yang terbakar pindah keruangan perpustakaan,” kata Iat.

Sementara itu, Pengawas SD dari UPTD Pendidikan Kecamatan Ciamis, Evi Ruswandi langsung melihat kondisi ruang kelas yang terbakar.

Evi menghimbau kepada seluruh Kepala Sekolah yang ada di wilayah kerja Kecamatan Ciamis untuk berhati-hati menggunakan ruangan kelas yang rawan untuk digunakan, karena akibatnya bisa mencelakakan siswa seperti halnya kebakaran yang terjadi di SDN 5 Maleber.

“Seluruh Kepala Sekolah harus lebih jeli dan waspada terhadap bangunan-bangunan yang bermasalah seperti kayunya sudah lapuk atau dinding yang sudah retak,” pungkasnya.

(Arul)

 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini