Ragam

Rumah Makan Rancage, Destinasi Baru Kuliner di Ciamis

Ciamis. Galuh.id – Rumah Makan Rancage, cabang dari Warung Perdjaka yang berlokasi di pusat kota Ciamis telah dibuka dengan konsep yang berbeda pada Senin (17/12/2018) di Jalan Kapten Murod Idrus nomor 6, Lingkungan Pabuaran, Kabupaten Ciamis tepatnya berdekatan dengan Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Ciamis.

Keunikan dari rumah makan ini adalah konsep era tahun 1980-an yang dihadirkan dengan musik tradisional Sunda. Peralatan makanan pun menggunakan peralatan zaman dahulu, seperti tempat nasi yang memakai dulang, piring yang terbuat dari lidi dan gelasnya terbuat dari seng yang kerap dipakai pada era tahun 1980-an.

Jenis masakan yang disajikan di rumah makan ini adalah masakan khas Sunda dengan cita rasa sesuai lidah orang Sunda.

Saat launching di hari pertama, khusus untuk pengunjung yang makan di tempat rumah makan ini cukup membayar dengan do’a dan tidak dipungut biaya sepeserpun, tetapi kapasitas pengunjung dibatasi.

Rudiat selaku pemilik rumah makan ini menyampaikan ide Rumah Makan khas Sunda ini berawal dari kepeduliannya terhadap budaya lokal yang semakin terlupakan di zaman sekarang.

“Makanya saya membuat rumah makan dengan konsep nuansa budaya ciri khas Sunda sebagai suku nenek moyang saya, agar tidak lupa dengan sejarah kita sendiri,” ucapnya.

Rudiat berharap Rumah Makan ini menjadi destinasi kuliner Sunda di Ciamis, baik bagi warga pribumi maupun  para tamu dari luar kota serta mancanegara yang ingin mencicipi kelezatan masakan khas Sunda bercitarasa juara.

“Jangan khawatir masalah harga, karena sangat terjangkau untuk semua kalangan,” ujar Rudiat.

Ayu, salah satu pengunjung ketika di wawancara pada saat launching menyampaikan masakannya sangat enak dan suasana tempat makannya nyaman, “lebih enaknya lagi diiringi musik lagu Sunda yang membawa suasana makannya berasa di alam pedesaan,” ucapnya.

Senada dengan Ayu, Fahmi sangat terkesan makan di Rumah Makan Rancage ini, salah satunya adalah karena pelayannya yang ramah, “pelayannya cantik dan terutama masakannya khas Sunda pisan euy,” pungkasnya.

(Arul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paling Dibaca

Sebuah portal web berita menulis artikel daring di Seluruh Lingkungan Tatar Galuh Ciamis. Awal terbentuk, berkat sekelompok pemuda ciamis yang berinisiatif untuk memberikan berita serta informasi dengan ulasan yg professional, valid, faktual

Copyright © 2019 Custom Theme by ABAH, powered by Wordpress.

To Top