Galuh.idCelana dalam yang bisa dipakai seminggu tanpa dicuci mungkin terlihat sebagai penemuan untuk orang malas. Tapi, tidak demikian bagi sebuah perusahaan asal Denmark, Basic Organic, perusahaan ini menciptakan celana dalam tersebut justru bertujuan untuk menyelamatkan lingkungan.

“Bisnis kami adalah bisnis fashion yang ramah lingkungan. Cara-cara tradisional yang sering dilakukan dengan membeli, memakai, mencuci dan membuang celana dalam merupakan pemborosan sumber daya dan ini sangat merusak lingkungan,” Kata Mads Fibger (27) CEO dan Pendiri Organic Basic seperti dikutip dari Business Insider.

Mencuci dan mengeringkan beberapa celana dalam memberi dampak buruk pada lingkungan, karena itulah Organic Basic mulai membuat celana dalam yang bisa dipakai selama seminggu tanpa perlu dicuci. Bahan metal yang digunakan oleh Organic Basic untuk membuat celana dalam tersebut membuat celana dalam ini tak perlu dicuci berulang-ulang.

Selain itu, celana dalam tersebut juga dilapisi perak, bahan perak ini dipercaya sebagai anti mikroba yang digunakan juga oleh NASA untuk menjernihkan air untuk para astronot. Karena itu celana dalam ini diklaim dapat membunuh 99,9 % bakteri dan bau yang tidak sedap dari kain.

“Anda dapat memakai celana dalam selama mungkin sebelum mencucinya. Anda dapat menghemat waktu dan uang sementara kami mengurangi  pencemaran air dan tenaga,” terang Mads Fibger.

Organic Basic pertama kali meluncurkan celana dalam ini pada  tahun 2017, kini mereka memiliki produk terbaru yang dinamakan, Silvertech 2.0. Produk ini dibuat dari bahan-bahan yang bisa didaur ulang 100%.

Dua pak  silvertech boxer untuk laki-laki dibandrol dengan harga 64 US dollar, sementara 2 pak celana dalam model Thong untuk wanita dibandrol dengan harga 56 US dollar. Sejauh ini Organic Basic berhasil menjual lebih dari 200.000 produk celana dalamnya pada sekitar  50.000 konsumen.

“Kita percaya (selama ini) industri fashion merupakan industri kotor  yang tidak bisa memberi kontribusi pada lingkungan yang lebih baik. Kami ingin menunjukkan dengan diciptakannya celana dalam yang bisa dipakai seminggu maka sangat mungkin untuk membuat produk hebat yang terjangkau dan ramah lingkungan,” pungkas pemilik Organic Basic, Mads Fibger.

(K. Putu Latief)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini

seventeen − seven =