Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
 
 

Ada Apa Dengan Celana Dalam Wanita di Astana Gede Kawali Ciamis?

Galuh ID – Ada pemandangan unik apabila Anda berkunjung ke sekitar lokasi kolam Cikawali yang berada di areal situs Astana Gede Kawali Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Di sekitar kolam tersebut, banyak ditemukan celana dalam wanita, baik yang tersangkut di pohon ataupun berserakan di tanah. Rupanya celana dalam itu milik para peziarah yang dibuang usai ritual mandi di kolam Cikawali.

Budayawan Ciamis yang juga merupakan warga di Astana Gede Kawali sekaligus petugas di Astana Gede Kawali, Fahmy Husnulyaqin mengatakan jika banyak peziarah wanita yang melakukan ritual mandi di kolam Cikawali. Mereka meyakini bahwa kolam yang airnya sejuk dari sumber mata air ini dulunya sering digunakan tempat mandi oleh Diah Pitaloka Citra Resmi yang merupakan putri dari Raja Kerajaan Galuh.

Diah Pitaloka ini terkenal dengan kecantikannya, bahkan dia sempat diinginkan oleh Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit untuk dipersunting menjadi istrinya. Namun, pernikahan keduanya batal menyusul terjadinya tragedi perang bubat yang menjadi sejarah kelam dalam perjalanan Kerajaan Galuh dan Majapahit.

Hal inilah yang membuat kolam Cikawali diburu para peziarah wanita, kebanyakan mereka memiliki problem dalam kehidupannya atau berharap wajahnya ingin menjadi cantik dan menarik.

“Entah bagaimana awalnya, setiap peziarah wanita usai melakukan ritual mandi di kolam tersebut pastinya langsung melempar celana dalam bekas yang sudah dipakainya, ritual lempar celana dalam itu sebagai simbol membuang sial dan berharap keberuntungan dalam kehidupannya,” terang Fahmi.

 

 

Menurut Fahmi setiap malam Rabu dan malam Jum’at memang banyak peziarah dari Jawa Tengah. Jadi, kalau hari Rabu atau Jum’at pagi datang ke sekitar area Cikawali, pasti banyak ditemukan celana dalam yang nyangkut di pohon ataupun berserakan di tanah.

Dari keterangan Fahmi diketahui jika warga sekitar Astana Gede tidak ada yang melakukan rituali mandi dan lempar celana dalam ini, ritual hanya dilakukan oleh peziarah yang kebanyakan berasal dari Jawa Tengah.

“Masyarakat sini (sekitar Astana Gede, red) tidak ada yang percaya dengan ritual semacam ini, bahkan adanya ritual yang dilakukan oleh orang luar ini justru membuat warga geram,” pungkas Fahmi.

(Fahmi)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Related Articles

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Temukan Kami

49,367FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Jadwal MotoGP 2020: Kembali Mengaspal 19 Juli

Berita Olahraga, galuh.id - Jadwal MotoGP 2020 telah dirilis, jutaan fan bisa menyaksikan para rider dunia kembali mengaspal di seri pembuka pada...

Pernah Jadi Pacar Lee Min Ho, Simak 3 Sosok Wanita yang Bikin Iri

Lee Min Ho adalah aktor Korea yang membintangi drama The King: Eternal Monarch. Selain tampan dan pandai berakting, Lee Min Ho juga...

3 Film Korea Terbaik Gong Yoo

Ada 3 film korea terbaik Gong Yoo yang bisa kita tonton. Pada tanggal 10 Juli lalu, Gong Yoo berumur 41 tahun (42...

Norwich vs West Ham: Empat Gol Antonio Kirim The Canaries Degradasi

Berita Olahraga, galuh.id - Laga pembuka pekan ke-35 Liga Inggris akhir pekan ini, dibuka laga Norwich vs West Ham berjalan menarik dan...