Minggu, Juli 14, 2024

Australia Tekuk Timnas Indonesia U-16, Pupus Mimpi ke Final Piala AFF U-16

Baca Juga
- Advertisement -

Galuh.id– Timnas Indonesia U-16 mengalami kekalahan dengan skor 3-5 dari Australia dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-16 2024.

Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Senin (1/7/2024) malam. 

Hasil ini memastikan Australia melangkah ke final, sementara mimpi Timnas Indonesia untuk melaju ke babak final telah pupus.

- Advertisement -

Timnas Indonesia U-16 justru akan bersaing dalam perebutan tempat ketiga melawan Vietnam.

Jalannya Pertandingan Timnas Indonesia U-16 vs Australia U-16

Dalam pertandingan tersebut, gelandang Timnas Indonesia U-16, Muhammad Zahaby Gholy, berhasil mencetak gol cepat pada menit ketiga.

Yakni melalui sundulan yang meneruskan umpan silang dari Mathew Baker, hingga membawa Indonesia unggul lebih awal, 1-0 atas Australia.

Namun Australia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui tendangan bebas Amlani Tatu pada menit ke-23.

Skuad Garuda Belia harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-29 setelah bek Raihan Apriansyah menerima kartu kuning kedua yang berujung pada kartu merah.

Australia kemudian memimpin 2-1 berkat gol Quinn Macnicol pada menit ke-45+2.

Namun, di penghujung babak pertama, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol spektakuler dari Gholy pada menit ke-45+4. 

Gol tersebut tercipta melalui tendangan voli kaki kiri dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Australia.

Pada awal babak kedua, Australia mengancam gawang Indonesia pada menit ke-53 melalui tembakan Nickolas Gustavo Alfaro, namun bola masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-66, Mathew Baker melakukan kesalahan saat mencoba mengintersep bola. 

Sundulannya justru mengarah ke Tatu yang kemudian melepaskan tendangan voli, mengubah skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Australia.

Baca juga: Shin Tae-yong Perpanjang Kontrak, Jadi Pelatih Terlama Timnas Indonesia?

Australia menambah keunggulan menjadi 4-2 pada menit ke-71 melalui serangan balik.

Pada menit ke-74, Australia kembali mengancam gawang Indonesia melalui pergerakan Nickolas Gustavo Alfaro, namun tembakannya masih melenceng.

Pada menit ke-86, Anthony Stipe Didulica mencetak gol lagi melalui sundulan, membuat Australia unggul 5-2.

Indonesia memperkecil ketertinggalan menjadi 3-5 melalui sundulan Josh Holong pada menit ke-90+1, memanfaatkan tendangan bebas dari Fandi Ahmad.

Alhasil Timnas Indonesia kalah 3-5 dari Australia, yang sekaligus menghentikan langkahnya ke final Piala AFF U-16 2024. (GaluhID/Dianti)

- Advertisement -
- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Kontingen Ciamis Raih Juara 1 Porsenitas XI di Cilacap

Berita Ciamis, galuh.id - Kontingen Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meraih prestasi gemilang dengan menjadi juara 1 dalam ajang Pekan...

Artikel Terkait