Senin, 25 Januari 2021
Senin, 25 Januari 2021
 
 

Bantuan Gempa Pamarican 2017 Tak Kunjung Cair, Ini Penjelasan Wabup Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Forum Peduli Gempa Pamarican (FPG-P) mengunjungi Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Ciamis untuk mempertanyakan terkait dana bantuan gempa tahun 2017 lalu.

Kedatangan mereka diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D Putra didampingi Kepala BPBD Ciamis di ruang tamu Wakil Bupati Setda Ciamis, Jumat (18/9/2020).

Kunjungan FPG-P yang didampingi APDESI Ciamis membahas terkait dana bantuan untuk korban gempa yang tak kunjung cair sejak gempa yang terjadi pada tahun 2017 lalu.

Pasca pertemuan, Wabup Yana mengatakan, dalam waktu dekat Pemkab Ciamis melalui Bupati akan memerintahkan BPBD untuk menjadwalkan pertemuan antara FPG-P dengan BNPB pusat.

“Memang BNPB Pusat tidak memberikan bantuan untuk korban Gempa wilayah Pamarican. Kita akan upayakan pertemuan untuk menemukan penjelasan lebih jelasnya,” katanya.

Menurut Yana, Ciamis akan berupaya dengan APBD-nya memberikan bantuan sesuai dengan aturannya.

“Namun sebelum melakukannya, kita akan melihat sejauh mana kemampuan BNPB pusat untuk menyelesaikan terkait bantuan yang tak kunjung cair tersebut,” jelasnya.

Alasan Telatnya Pencairan Bantuan Gempa Pamarican 2017

Yana menerangkan, alasan telatnya pencairan bantuan untuk korban terdampak gempa Pamarican ada banyak versi. Antara lain adanya keterlambatan administrasi dari kabupaten sampai provinsi.

Kemudian versi lainnya, adanya anggaran pusat yang lebih dialokasikan untuk gempa di Palu.

“Pastinya kita dalam waktu dekat akan segera berkoordinasi untuk memperjuangkan hak warga Pamarican yang belum mendapatkan bantuan gempa,” ucap Yana.

Sementara itu, Perwakilan dari FPG-P Pujiono menyampaikan terima kasih atas penerimaan pemkab Ciamis melalui Wakil Bupati untuk mendengar permasalahan yang disampaikan melalui Forum.

“Terimakasih atas usaha pemkab Ciamis yang akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” terangnya.

Ia menegaskan, warga masyarakat Pamarican yang terkumpul dalam FPG akan terus memperjuangkan hak korban gempa yang belum mendapatkan bantuan dampak gempa 2017 lalu.

“Kita akan terus memperjuangkan hak masyarakat yang terdampak gempa 2017. Kita pun akan melakukan audiensi dengan DPRD Ciamis untuk meminta kejelasan terkait bantuan yang tak kunjung cair,” tegas Pujiono. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Aset Guru di Banjaranyar Ciamis Doyong, Ini Harapan Korwil Pendidikan

Berita Ciamis, galuh.id - Bangunan aset guru di samping Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya memprihatinkan. Terlihat hampir seluruh bangunannya sudah rusak....

Bencana di Cimaragas Ciamis, Jalan Amblas dan 4 Rumah Rusak

Berita Ciamis, galuh.id - Telah terjadi jalan amblas dan 4 rumah rusak di Cimaragas Kabupaten Ciamis, Minggu (25/1/2021) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Beruntung tidak...

Tercantum di E-Form, Warga Ciamis Kecewa Tak Dapat BLT UMKM

Berita Ciamis, galuh.id - Penerima BLT UMKM warga Ciamis kecewa lantaran bantuan yang seharusnya diterima tidak cair. Padahal namanya tertera dalam e-form BRI. Nama Dodah...

Temukan Kami

48,104FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya