Jumat, 17 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
 
 

Bawaslu Ciamis Gelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif

Ciamis, galuh.id – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Kabupaten Ciamis Tahun 2019 di Aula Wisma PGRI Ciamis, Senin (18/11/2019).

Peserta yang mengikuti Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) memiliki syarat yaitu usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun, pendidikan minimal S1, tidak pernah menjadi anggota atau pengurus partai politik dan yang utama memiliki pengalaman berorganisasi.

Dalam kegiatan tersebut, ada 60 peserta yang lolos hasil seleksi Bawaslu untuk mengikuti Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang diselenggarakan selama 5 hari.

Uce Kurniawan, Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis mengatakan kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) ini untuk mempersiapkan pengawas jangka panjang. Para kader ini diberikan pengetahuan terkait demo.

“Kami dorong para kader itu untuk menjadi agen atau setidaknya menjadi corong bagi bawaslu kabupaten ciamis untuk menyampaikan kepada publik atau masyarakat tentang bagaimana domokrasi agar berjalan dengan baik dan adil,” ujarnya.

Pihaknya akan melakukan persiapan lebih matang, untuk membentuk kader organ Bawaslu sampai tingkat kecamatan, tingkat desa hingga sampai ke akar rumput. Di Kabupaten Ciamis ada 27 Kecamatan dan 258 desa serta 7 Kelurahan.

“Ada 2 kecamatan yang tidak ada perkawilannya yaitu Lumbung dan Cihaurbeuti karena tidak ada kader yang mengikuti seleksi, namun hal itu tidak menjadi masalah karena masih bisa tercover oleh kecamatan terdekat, kader ini akan menjadi duta Bawaslu di setiap kecamatan se-Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Uce berharap masyarakat mengetahui informasi terkait pengawasan Pemilu dan Pilkada yang disampaikan oleh para duta kader.

“Ini penting buat kita, supaya target Pemilu termasuk demokrasinya bisa lebih berkualitas sehingga masyarakat akan semakin paham cara berdemokrasi yang baik dan benar,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendara Motor di Ciamis Wajib Jaga Jarak

Berita Ciamis, galuh.id -Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengendara motor di Ciamis harus jaga jarak ketika berhenti di lampu merah. Hal...

Warga Sambut Baik Pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga sambut baik dengan pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis untuk kendaraan angkutan barang yang menuju Jawa Tengah.

Pemkab Ciamis Usulkan 3 Hutan Konservasi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis mengusulkan 3 hutan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal, Gunung Geger Bentang...

Temukan Kami

49,342FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...