Minggu, 1 Agustus 2021
Minggu, 1 Agustus 2021
BJB

Bupati Ciamis Targetkan Peningkatan Nilai SAKIP Tahun 2020

Berita Ciamis, galuh.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis menargetkan peningkatan nilai SAKIP tahun 2020. Nilai yang tadinya B di tahun 2019, ditargetkan meningkat menjadi BB di tahun ini.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada Rapat Persiapan Evaluasi AKIP dan Reformasi Birokrasi Kabupaten Ciamis Tahun 2020 di Aula Bappeda Ciamis, Senin (14/9/2020).

“Ditargetkan SAKIP 2020 meningkat. Paling tidak bisa sampai ke nilai BB dengan angka 70-80,” katanya.

Rapat evaluasi tersebut dihadiri langsung oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Camat di Ciamis yang mengikuti secara virtual.

Sebagai informasi, SAKIP adalah singkatan dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan.

Dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan sistem pelaporan kinerja daerah, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Dalam rapat, Herdiat menjelaskan dari penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) di tahun 2019, pemkab Ciamis mendapat nilai B.

Sehingga diharapkan nilai SAKIP yang diraih pemkab Ciamis bisa meningkat lebih baik setiap tahunnya.

“Ketika evaluasi tahun 2019 kita optimis. Mudah-mudahan dari tahun ke tahun akan ada perubahan dan perbaikan kinerja,” jelas Herdiat.

SAKIP Tahun 2020 untuk Mengawasi Kinerja ASN Ciamis

Menurut Bupati, SAKIP adalah pengawasan dan pengendalian untuk mengawasi kinerja para ASN. Ia berharap SAKIP benar-benar strategis dan sesuai dengan RPJMD yang telah disesuaikan.

ā€¯Mudah-mudahan pemkab Ciamis lebih baik dan sinergis dengan program dan beban kerja di masing-masing OPD,” terangnya.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini pelaksanaan kegiatan sangat dibatasi termasuk evaluasi SAKIP.

Herdiat mengatakan, seharusnya dalam rapat persiapan evaluasi para OPD dan Camat minimal disertakan juga Sekretaris dan Kasubag Program, dihadiri pimpinan sampai bawahannya.

Namun pembatasan tetap harus dilakukan sebagai upaya disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kepada jajaran OPD, Herdiat menegaskan keseriusannya memperbaiki kinerja pemerintahan ke depannya.

Oleh karena itu, ia meminta jajaran OPD agar sinergis dan serius melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan di lingkungan Pemkab Ciamis.

“Untuk OPD yang hadir. Diharapkan merespon dengan sebaik-baiknya persiapan evaluasi yang disiapkan. Agar kinerja pemerintahan selanjutnya lebih baik lagi,” pungkas Herdiat. (GaluhID/Evi)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan