Minggu, 20 September 2020
Minggu, 20 September 2020
 
 

Cegah Hoaks, Peran PPID Ciamis Akan Dioptimalkan

Ciamis, galuh.id –  Keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dimiliki Kabupaten Ciamis diharapkan dapat mengoptimalkan transparansi untuk meminimalisir peredaran hoaks dan informasi tidak bertanggung jawab.

“PPID salah satu tugasnya bertanggung jawab sebagai mediator antara pemerintah daerah dengan masyarakat,” ujar Kabid Kominfo, Drs. Dian Budiana, Msi., kepada Galuh ID, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, informasi merupakan hak asasi manusia, setiap masyatakat membutuhkan informasi. Sehingga, terbentuknya PPID sebagai lembaga publik, salah satunya bertujuan menyediakan informasi, menayangkan informasi sekaligus mendokumentasikan informasi.

“Ketika masyarakat ada yang membutuhkan informasi tersebut, maka dapat disampaikan sesuai dengan mekanisme yang ada di PPID, untuk meminimalisir beredarnya informasi tak bertanggung jawab di tengah masyarakat,” katanya.

Lanjut Dian, penyebaran informasi pada era global begitu cepat. Sehingga, salah satu hal yang harus dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menurutnya adalah website yang ada di kabupaten Ciamis harus diaktifkan kembali.

“Maksudnya, agar lebih memudahkan masyarakat untuk meminta informasi sesuai dengan kebutuhan mereka,” tegasnya.

Dian menuturkan, pihaknya akan merevisi PPID yang ada di kabupaten Ciamis, sesuai peraturan yang baru Permendagri No 3 tahun 2017 tentang petugas layanan informasi dan dokumentasi.

“Termasuk dengan PPID pembantu, ke depannya akan melakukan semua kegiatan dengan keterbukaan informasi yang wajib disampaikan oleh badan publik kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, Dian mengatakan, optimalisasi peran PPID bertujuan agar ada transparansi di segala bidang agar terhindar dari hoaks atau berita bohong yang tidak jelas sumbernya.

“Jadi PPID ini berfungsi akan menangkal hoaks yang ada di Kabupaten Ciamis karena informasinya langsung dari pengelola informasi di setiap OPD,” lanjutnya.

Informasi yang dikelola oleh PPID Ciamis, kata dia, tidak hanya seputar pembangunan. Namun seluruh informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Tentu saja yang telah divalidasi kebenarannya,” pungkasnya. (Galuh.id/Riyan)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,779FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...

Kenapa BLT BPJS Tahap 4 Belum Cair? Ternyata Ini Penyebabnya

BLT BPJS tahap 4 belum cair dikeluhkan oleh masyarakat. Hingga kini masih banyak pekerja yang belum menerima subsidi upah ini.

Kopinus Ciamis Ngopi Asik di Tengah Alam Hutan Pinus

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi para penikmat kopi, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kopinus Ciamis. Tempat ngopi yang satu ini menyuguhkan...

Komentar Legenda PSMS Medan Terhadap Gomes de Oliveira

Info Liga 2, galuh.id - Legenda PSMS Medan, Nobon Kayamudin mengaku akan memantau perkembangan latihan tim tersebut di bawah arahan Gomes de...