Sabtu, 26 September 2020
Sabtu, 26 September 2020
 
 

Cegah Hoaks, Peran PPID Ciamis Akan Dioptimalkan

Ciamis, galuh.id –  Keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dimiliki Kabupaten Ciamis diharapkan dapat mengoptimalkan transparansi untuk meminimalisir peredaran hoaks dan informasi tidak bertanggung jawab.

“PPID salah satu tugasnya bertanggung jawab sebagai mediator antara pemerintah daerah dengan masyarakat,” ujar Kabid Kominfo, Drs. Dian Budiana, Msi., kepada Galuh ID, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, informasi merupakan hak asasi manusia, setiap masyatakat membutuhkan informasi. Sehingga, terbentuknya PPID sebagai lembaga publik, salah satunya bertujuan menyediakan informasi, menayangkan informasi sekaligus mendokumentasikan informasi.

“Ketika masyarakat ada yang membutuhkan informasi tersebut, maka dapat disampaikan sesuai dengan mekanisme yang ada di PPID, untuk meminimalisir beredarnya informasi tak bertanggung jawab di tengah masyarakat,” katanya.

Lanjut Dian, penyebaran informasi pada era global begitu cepat. Sehingga, salah satu hal yang harus dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menurutnya adalah website yang ada di kabupaten Ciamis harus diaktifkan kembali.

“Maksudnya, agar lebih memudahkan masyarakat untuk meminta informasi sesuai dengan kebutuhan mereka,” tegasnya.

Dian menuturkan, pihaknya akan merevisi PPID yang ada di kabupaten Ciamis, sesuai peraturan yang baru Permendagri No 3 tahun 2017 tentang petugas layanan informasi dan dokumentasi.

“Termasuk dengan PPID pembantu, ke depannya akan melakukan semua kegiatan dengan keterbukaan informasi yang wajib disampaikan oleh badan publik kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, Dian mengatakan, optimalisasi peran PPID bertujuan agar ada transparansi di segala bidang agar terhindar dari hoaks atau berita bohong yang tidak jelas sumbernya.

“Jadi PPID ini berfungsi akan menangkal hoaks yang ada di Kabupaten Ciamis karena informasinya langsung dari pengelola informasi di setiap OPD,” lanjutnya.

Informasi yang dikelola oleh PPID Ciamis, kata dia, tidak hanya seputar pembangunan. Namun seluruh informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Tentu saja yang telah divalidasi kebenarannya,” pungkasnya. (Galuh.id/Riyan)

Loading...

Artikel Terkait

Ciptakan Perubahan, Pemuda Islam di Ciamis Harus Aktif dalam Perpolitikan

Berita Ciamis, galuh.id - Pemuda Islam harus ikut berkontribusi dalam pembangunan dan berkompetisi untuk mengisi posisi kepemimpinan dari mulai level nasional hingga...

PKK Ciamis Beri Kontribusi Besar di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - PKK Ciamis telah memberi kontribusi besar di tengah pandemi Corona. Di bawah komando TP-PKK Kabupaten Ciamis, PKK ikut...

Tren Corona Meningkat, Satgas Penanganan COVID-19 Siap Dibentuk Pemkab Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar persiapan pembentukan Satgas penanganan COVID-19 melalui video conference dari ruang Oproom Setda Ciamis, Kamis, (24/9/2020).

Temukan Kami

48,739FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Resesi Ekonomi Indonesia, Apa Dampaknya?

Resesi ekonomi Indonesia tinggal menunggu waktu. Resesi seolah-olah menjadi normal baru, sejak terjadi pandemi Covid-19. Bahkan hampir sebagian besar negara-negara dunia mengisi...

Spoiler One Piece 991, Adegan Pertarungan Zoro Menolak X-Drake Bocor

Spoiler One Piece 991 telah beredar di berbagai media online atau sosial dan forum Reddit. Komik One piece 991 bakal rilis minggu...

Bocoran One Piece Chapter 991, Akhir dari Kinemon dan Awal Aliansi Drake

Sudah mendekati hari menuju rilisnya Manga One Piece Chapter 991. Bocoran demi bocoran One Piece Chapter 991 akhirnya muncul. Akhirnya membuat kita...

Thomas Alva Edison, Fisikawan yang Tidak Tamat SD

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Pada tahun 1854, orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan....

Apa Arti Belajar Daring? Tips Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Apa arti belajar Daring dan bagaimana tips belajar saat pandemi Covid-19 untuk guru dan siswa, maupun mahasiswa dan dosen?