Jumat, 17 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
 
 

Cerita Lansia Pembuat Tusuk Sate di Ciamis

Baregbeg, galuh.id – Tusuk sate tradisional yang terletak di Dusun Desa, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, ternyata diproduksi oleh para Lansia.

Para lansia tersebut membuat tusuk sate ketika menjelang sore untuk mengisi waktu senggangnya, sebagai penghasil sampingan.

Seorang pengrajin mengatakan, sudah sejak belasan tahun memproduksi tusuk sate tradisional, terutama menjelang lebaran kurban.

“Jualnya mudah, kalau hari biasa yang membeli seminggu sekali. Tapi kalau sekarang mau kurban hampir setiap hari ada yang datang. Jadi lebih bersemangat karena banyak yang datang membeli,” kata Odah (55) saat ditemui di rumahnya.

Odah menjelaskan, hampir setiap rumah di kampungnya memproduksi tusuk sate dilakukan oleh para Lansia.

“Dari pada jenuh diam di rumah, ya membuat tusuk sate karena mudah dan lumayan menghasilkan. Jadi kalau ada waktu luang, ketika tidak ke sawah ya terus produksi,” jelasnya.

Sarkosih (80) Pengrajin tusuk sate lainnya menambahkan, pekerjaan tersebut ia tekuni sejak beberapa tahun lalu saat tubuhnya sudah tak kuat lagi melakukan pekerjaan berat.

“Setelah saya tidak kuat lagi bekerja yang berat-berat, saya mulai menekuni produksi tusuk sate ini,” tambahnya.

Keunggulan tusuk sate tradisional tersebut yaitu daging yang ditusuk tidak akan mudah merosot. Dibanding menggunakan tusuk sate mesin yang mengkilap, daging mudah merosot.

Proses pembuatannya pun masih secara manual atau sederhana, dari mulai memotong bambu dengan gergaji, kemudian meraut kecil-kecil menggunakan pisau, lalu dijemur selama 2 hari sampai mengering.

Setelah itu dibersihkan menggunakan ban dalam bekas, kemudian diikat sesuai hitungan dan siap dijual. (Galuh.id/Dede)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

PSBB Jawa Barat Berakhir Rumah Makan Waroeng Kezo Ciamis Adakan Syukuran

Berita Ciamis, galuh.id - Rumah Makan Waroeng Kezo Ciamis menggelar syukuran setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Barat berakhir.

Rumah Makan Ternama di Ciamis Lakukan Antar Saji Saat PSBB

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk melayani pelanggannya, rumah makan ternama di Ciamis lakukan antar saji pada pelanggannya saat Pembatasan Sosial Berskala Besar...

Brownis Panggang Ekonomis dengan Dua Telur, Mudah Dibikin

Tips, galuh.id - Saat menunggu buka puasa bisa manfaatkan membuat brownis panggang yang ekonomis dengan dua telur dan bahan yang lainnya.

Temukan Kami

49,342FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...