Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Ciamis Butuh Tambahan Mobil Pemadam Kebakaran

Ciamis, Galuh.ID – Musim kemarau panjang menyebabkan bencana kebakaran kerap terjadi di wilayah kabupaten Ciamis. BPBD kabupaten Ciamis mencatat kebakaran terjadi di 60 titik wilayah kabupaten Ciamis sepanjang bulan Januari hingga Oktober 2018. Penyebabnya pun beragam mulai dari konsleting listrik, pembakaran sampah hingga pembakaran tungku hawu.

Salah satu kendala untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran adalah kurangnya armada mobil pemadam kebakaran (Damkar). Pemkab Ciamis hanya memiliki 3 mobil Damkar dan itu pun terparkir di tengah-tengah kota Ciamis. Hal ini tentu menyulitkan usaha pemadaman api saat terjadi kebakaran di daerah pelosok Ciamis.

Akibatnya penanggulangan kebakaran terkendala oleh jarak yang jauh ke tempat kejadian. Seperti contoh akhir-akhir ini kebakaran terjadi di kecamatan Rancah, mobil Damkar yang terparkir di Imbanagara, kecamatan Ciamis memerlukan waktu paling cepat 1 jam sebelum sampai ke tempat kejadian. Maka tak heran jika ketika mobil Damkar datang, api sudah padam dan rumah sudah lenyap dilalap si jago merah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengeluhkan minimnya mobil Damkar yang dimiliki Pemkab Ciamis sehingga tidak efektif untuk upaya pemadaman api. Ani mengusulkan agar mobil Damkar ditambah dan diadakan motor pemadam kebakaran yang bisa menjangkau lokasi kebakaran lebih cepat.

“Kalau bisa mobil dan motor pemadam kebakaran ada di setiap kecamatan sehingga apabila ada kejadian kebakaran bisa cepat tertangani,” usulnya.

Hal yang sama dikeluhkan oleh Dudung, Kabid Pemadam Kebakaran kabupaten Ciamis. Menurut pengakuan Dudung, dirinya sudah beberapa kali mengajukan penambahan mobil pemadam kebakaran namun belum terealisasi.

“Kalau bisa dibikin pos di setiap eks Kwadanan dan disimpan 1 unit mobil pemadam kebakaran untuk mencakup wilayah terdekatnya, agar apabila terjadi bencana kebakaran langung cepat tertangani,” pungkasnya.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.