Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

Ciamis Kekurangan Guru PNS, Kadisdik: Setiap Tahun Ada 700 Guru Pensiun

Ciamis, galuh.id – Setiap tahun 700 guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Ciamis pensiun, akibatnya banyak sekolah yang kekurangan guru PNS.

Banyak guru yang mengajar berbagai mata pelajaran sekaligus. Selain itu, ada juga guru honorer yang ikut membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, H Tatang setelah upacara peringatan Hari Korpri dan Hari Guru di Taman Lokasana Ciamis, Senin (2/12/2019).

“Benar sebetulnya kita sangat kekurangan guru PNS, sehingga banyak guru yang merangkap dalam mengajar, apalagi tahun 2019 penerimaan CPNS hanya 277 itu juga tidak semuanya untuk formasi guru,” ujarnya kepada Galuh ID, Senin (2/12/2019).

Tatang mengatakan dari total penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Ciamis, hanya 277 orang, sebanyak 155 orang diantaranya direkrut sebagai tenaga pendidik. Kondisi ini sangat tidak sebanding dengan kebutuhan guru di Ciamis.

“Ini sangat tidak sebanding dengan kekurangan yang dibutuhkan sehingga banyak guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Ciamis, guru honorer dan sukwan sangat membantu kekosongan tersebut,” paparnya.

Tatang menjelaskan, setiap tahun ada 1.300 anggota KORPRI yang pensiun dari total 10.000 anggota di Kabupaten Ciamis.

“Untuk tahun 2019 yang purna bhakti ada 1300 orang dan 340 PNS yang akan dilepas pada hari Rabu, 4 Desember 2019,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menuturkan di Hari Korpri dan Hari Guru Nasional ASN harus betul-betul menjadi pelayan masyarakat.

“Kami berharap para ASN harus jadi pelayan masyarakat, sudah barang tentu itu harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada sekarang. Apalagi saat ini era 4.0 ASN harus menyesuaikan dengan kondisi,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Loading...
loading...
Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Artikel Terkait

Pengamanan Pelaksanaan Pilkades Ciamis Kewajiban Bersama

Berita Ciamis, galuh.id - Pengamanan dalam pelaksanaan Pilkades Ciamis adalah kewajiban bersama. Tak hanya pemda, panitia dan para pemilih pun harus berperan...

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Temukan Kami

49,396FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Gunakan Format Home Turnamen, Ini Jadwal Babak 8 Besar Liga 2 2019

Info Liga 2, galuh.id - Para kontestan yang lolos kini bersiap-siap menghadapi kompetisi Liga 2 2019 babak delapan besar. Rencananya akan mulai...

Ternyata ini Asal dari Wabah Virus Corona di Wuhan China

Berita Nasional, galuh.id - Sejak pertama kali diumumkan tanggal 31 Desember 2019, kini wabah virus Corona yang berasal dari kota Wuhan, China...

Cara Alami Usir Nyamuk dari Tubuh Anda

Tips, Galuh.id -  Beberapa penelitian menyebutkan bahwa nyamuk bisa dengan cepat mengenali bau tubuh yang disukainya. Karena itu beberapa orang bisa menarik lebih banyak...

PSMS Medan Butuh Rp 10 Milyar untuk Target Promosi Ke Liga 1

Info Liga 2, galuh.id - Tim Legendaris PSMS Medan dikabarkan membutuhkan kurang lebih Rp 10 Miliyar untuk target promosi ke Liga 1.

BPBD Ciamis Santuni Anak Yatim dan Orang Tua Jompo

Ciamis, galuh.id - BPBD Ciamis santuni anak yatim dan orang tua jompo di Lingkungan Bolenglang, RT 05 RW 02, Kelurahan Kertasari, Kecamatan...