Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

Dinsos Ciamis Imbau Desa Lebih Aktif Verifikasi Data Kemiskinan

Ciamis, galuh.id – Dinas Sosial Kabupaten Ciamis mengimbau pemerintah desa untuk lebih aktif memverifikasi data kemiskinan di daerahnya masing-masing. Tujuannya untuk meminimalisir salah sasaran terkait bantuan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, H Abung saat dikonfirmasi Galuh ID di kantornya, Selasa (13/11/2019).

“Kami banyak sekali mendapatkan keluhan terkait tidak dapatnya bantuan terhadap masyarakat miskin dikarenakan di datanya tidak masuk, kami sangat berharap setiap desa untuk aktif memverifikasi masyarakat miskin desanya masing-masing,” ujarnya.

Kata Abung yang lebih mengetahui adanya warga miskin adalah pihak Pemerintah Desa.

“Alhamdulilah Ciamis masuk 4 besar daerah paling aktif dalam melakukan perubahan data masyarakat miskin di Jawa Barat, ini sebuah prestasi buat kami,” ucapnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra menyampaikan jumlah warga miskin di Kabupaten Ciamis berdasarkan data Kementerian Sosial sebanyak 154 ribu jiwa. Sedangkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik sebanyak 85 ribu jiwa dari total penduduk Ciamis 1,4 juta jiwa.

Menurutnya, salah satu alternatif untuk mengurangi kemiskinan adalah dengan zakat. Dia menilai, kesadaran warga Ciamis untuk mengeluarkan zakat masih tergolong rendah. 

Yana juga mengajak aparatur sipil negara Ciamis untuk sadar berzakat dengan mendirikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap instansi pemerintahan. 

“Zakat, infak dan sedekah merupakan instrumen ekonomi agama Islam. Ini bisa membantu mengurangi kemiskinan,” ujarnya saat Rakor Baznas dengan Unit Pengumpul Zakat tingkat kecamatan dan Kemenag Kabupaten Ciamis di Aula Baznas Ciamis, beberapa bulan yang lalu. (GaluhID/Arul)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...