Jumat, 17 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
 
 

Dinsos Ciamis Imbau Desa Lebih Aktif Verifikasi Data Kemiskinan

Ciamis, galuh.id – Dinas Sosial Kabupaten Ciamis mengimbau pemerintah desa untuk lebih aktif memverifikasi data kemiskinan di daerahnya masing-masing. Tujuannya untuk meminimalisir salah sasaran terkait bantuan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, H Abung saat dikonfirmasi Galuh ID di kantornya, Selasa (13/11/2019).

“Kami banyak sekali mendapatkan keluhan terkait tidak dapatnya bantuan terhadap masyarakat miskin dikarenakan di datanya tidak masuk, kami sangat berharap setiap desa untuk aktif memverifikasi masyarakat miskin desanya masing-masing,” ujarnya.

Kata Abung yang lebih mengetahui adanya warga miskin adalah pihak Pemerintah Desa.

“Alhamdulilah Ciamis masuk 4 besar daerah paling aktif dalam melakukan perubahan data masyarakat miskin di Jawa Barat, ini sebuah prestasi buat kami,” ucapnya.

Sebelumnya Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra menyampaikan jumlah warga miskin di Kabupaten Ciamis berdasarkan data Kementerian Sosial sebanyak 154 ribu jiwa. Sedangkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik sebanyak 85 ribu jiwa dari total penduduk Ciamis 1,4 juta jiwa.

Menurutnya, salah satu alternatif untuk mengurangi kemiskinan adalah dengan zakat. Dia menilai, kesadaran warga Ciamis untuk mengeluarkan zakat masih tergolong rendah. 

Yana juga mengajak aparatur sipil negara Ciamis untuk sadar berzakat dengan mendirikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap instansi pemerintahan. 

“Zakat, infak dan sedekah merupakan instrumen ekonomi agama Islam. Ini bisa membantu mengurangi kemiskinan,” ujarnya saat Rakor Baznas dengan Unit Pengumpul Zakat tingkat kecamatan dan Kemenag Kabupaten Ciamis di Aula Baznas Ciamis, beberapa bulan yang lalu. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendara Motor di Ciamis Wajib Jaga Jarak

Berita Ciamis, galuh.id -Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengendara motor di Ciamis harus jaga jarak ketika berhenti di lampu merah. Hal...

Warga Sambut Baik Pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga sambut baik dengan pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis untuk kendaraan angkutan barang yang menuju Jawa Tengah.

Pemkab Ciamis Usulkan 3 Hutan Konservasi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis mengusulkan 3 hutan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal, Gunung Geger Bentang...

Temukan Kami

49,340FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...