Jumat, 17 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
 
 

Harga Cabe Rawit Mahal, Pedagang Seblak di Ciamis Menjerit

Ciamis, galuh.id – Mahalnya cabe rawit merah hingga 50% berpengaruh terhadap penjualan seblak di Ciamis. Pasalnya cabe rawit merupakan salah satu bahan baku seblak. 

“Saat ini harga cabe rawit sangat mahal biasanya harga normal 50-60 ribu, sekarang jadi 100 ribu. Kondisi ini sangat berat bagi saya, biasanya perhari membeli 1 Kg, karena mahal jadi 1/2 Kg per hari,” kata Ari salah seorang penjual seblak di Ciamis, Jum’at (19/7/2019).

Walaupun harga cabe rawit mahal, namun Ari mengaku tidak mengurangi takaran cabe dan tidak juga menaikan harga seblak.

“Saya tetap menjaga kualitas rasa dan harga yang terjangkau bagi konsumen,” kata Ari.

Menurutnya, dengan kenaikan harga cabe rawit, keuntungan dirinya dari berjualan pun jadi turun. Belum lagi ditambah biaya operasional yang harus dikeluarkan Ari setiap harinya.

“Bagi saya selaku pedagang seblak dengan harga cabe rawit yang sangat mahal berdampak pada keuntungan yang didapatkan, semoga harga cabe rawit segera kembali normal karena bagi saya kondisi ini sangat berat,” tuturnya.

Hal senada dikeluhkan oleh Cicih warga Cijeungjing, harga cabe rawit yang saat ini mahal membuatnya mengurangi konsumsi cabe rawit, padahal dirinya setiap hari membutuhkan cabe rawit untuk memasak.

“Dengan harga yang sangat mahal saya jadi mengurangi konsumsi cabe rawit, padahal setiap hari saya memasak selalu ada cabe rawitnya, karena keluarga saya suka pedas, dengan kondisi harga cabe rawit mahal ya saya kurangi dulu nunggu harga normal lagi,” paparnya.

Sementara Rani pedagang sayuran  di Pasar Subuh Ciamis, mengatakan, kondisi musim kemarau yang berkepanjangan diduga berpengaruh terhadap harga cabe rawit merah.

“Sudah seminggu ke belakang harga cabe rawit merah naik dari semula harga normal 50-60 ribu per kg sekarang jadi 100 ribu per kg, mungkin akibat musim kemarau yang berkepanjangan sehingga panen petani cabe rawit menurun, terkendala cuaca,” kata Rani. (galuh.id/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendara Motor di Ciamis Wajib Jaga Jarak

Berita Ciamis, galuh.id -Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengendara motor di Ciamis harus jaga jarak ketika berhenti di lampu merah. Hal...

Warga Sambut Baik Pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga sambut baik dengan pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis untuk kendaraan angkutan barang yang menuju Jawa Tengah.

Pemkab Ciamis Usulkan 3 Hutan Konservasi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis mengusulkan 3 hutan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal, Gunung Geger Bentang...

Temukan Kami

49,340FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...