Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

Ibadah Haji Tahun 2021 Dibatalkan, KBIH Daarul Falaah Ciamis Kecewa

Berita Ciamis, galuh.id – Pengurus KBIH Daarul Falaah, KH. Wawan Abdul Malik Marwan mengaku sangat kecewa terkait dibatalkannya ibadah haji tahun 2021.

“Pelaksanaan ibadah haji ini sudah dua tahun ditunda, karena dengan alasan Covid-19,” ujarnya, Jumat (11/6/2021).

“Apalagi ada berita yang beredar bahwa dana haji digunakan untuk infrastruktur tanpa sepengetahuan pemilik uang itu merupakan pengambilan hak orang lain,” sambungnya.

Wawan pengurus KBIH Daarul Falaah berharap pelaksanaan ibadah haji tetap bisa terlaksana, meskipun dengan berbagai aturan.

“Saya berharap pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji bisa terlaksana,” tegasnya.

Alasan Ibadah Haji Tahun 2021 Dibatalkan

Sementara itu, sebanyak 1093 Kuota Calon Jemaah Haji (Calhaj) di Kabupaten Ciamis gagal melaksanakan Ibadah Haji pada Tahun 2021.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Ciamis, H. Tatang Iskandar mengatakan bahwa pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 2021 ini batal terlaksana.

“Berdasarkan KMA No. 660 Tahun 2021 terkait pembatalan pemberangkatan Jemaah Haji 1442 H/2021 M. Pembatalan tersebut mengacu pada beberapa hal,” ujarnya kepada Galuh ID, Jumat (11/6/2021).

Lanjut Tatang, alasan pembatalan ibadah haji tersebut karena pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Kemudian penyebaran varian baru Covid-19 yang berkembang di sejumlah negara dan mengutamakan serta mengedepankan kesehatan dan keselamatan jemaah haji,” ungkap Tatang.

Tatang menuturkan, Menteri Agama menyampaikan hal tersebut saat Rakernis bersama Kanwil di Bekasi Barat.

“Dalam agenda tersebut, Menteri Agama juga mengharapkan kepada seluruh Pemerintah Daerah Kab/Kota di seluruh Indonesia agar menyampaikan terkait pembatalan pemberangkatan haji kepada seluruh jamaahnya,” katanya.

“Hal tersebut supaya para jemaah paham dan mengerti sehingga tidak ada gejolak apapun,” tuturnya.

Tatang juga menuturkan terkait dengan pembatalan ibadah haji tersebut, ia juga berharap para Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dapat menyampaikan hal tersebut kepada para jamaah haji.

“Oleh karena itu kami meminta para KBIH untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada para jemaah, agar mereka mengerti dan paham terkait pembatalan pemberangkatan haji di Tahun 2021 ini,” harapnya. (GaluhID/Tony)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan