Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

Ini Akibatnya Jika Kamu Telat Ganti Oli Kendaraan

Otomotif, galuh.id– Oli mesin memiliki jangka waktu pemakaian. Pelumas ditentukan berdasarkan seberapa keras mesin bekerja dan seberapa sering kendaraan dipakai. Jika kamu telat mengganti oli mobil atau bahkan tidak menggantinya sama sekali, akibatnya akan fatal.

Potensi kerusakan mesin mobil lebih besar terjadi. Apa saja resikonya jika kamu tidak mengganti oli? Berikut ini paparannya:

1.Overheating

Mesin mudah overheating. Inilah keadaan suhu mobil alami kenaikan suhu diatas normal. Fungsi utama oli adalah sebagai pendingin mesin mobil. Jika gejala overheating mulai terasa, segera tepikan mobil agar tidak mogok di jalan.

2. Boros bahan bakar

Imbas telat ganti oli mesin, bikin boros bahan bakar. Dalam keadaan normal, gesekan antarkomponen mesin berkurang. Sebab dibantu oleh oli sebagai pelumas. Oli yang tidak diganti, membuat tarikan terasa semakin berat. Pembakaran mesinpun menjadi lebih boros.

3. Kualitas Mesin Turun

Pelumas yang tidak diganti tepat waktu, beresiko memberi efek pada kinerja mesin. Oli yang tidak diganti, warnanya semakin hitam dan kental. Sehingga fungsinya sebagai pelumas komponen mesin pasti menurun. Akibat yang parahnya, mobil sulit dinyalakan.

4. Rusaknya komponen mesin

Cairan oli yang kental dan kotor mengakibatkan rusaknya komponen dalam mesin. Ini disebabkan karena oli yang lama digunakan, mengandung kerak dan karbon sisa pembakaran mesin. Oli yang dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan engine bekerja secara berlebihan.

Makanya jangan sampai kamu telat atau bahkan tidak mengganti oli ya. Sayang sekali jika mobil kesayangan harus mudah rusak karena telat ganti oli. (GaluhID/Maisyara)

Loading...
loading...
Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Artikel Terkait

Pengamanan Pelaksanaan Pilkades Ciamis Kewajiban Bersama

Berita Ciamis, galuh.id - Pengamanan dalam pelaksanaan Pilkades Ciamis adalah kewajiban bersama. Tak hanya pemda, panitia dan para pemilih pun harus berperan...

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Temukan Kami

49,398FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Dipantau Heri Rafni Kotari, 23 Pemain Ikuti Seleksi PSGC Ciamis

Berita PSGC, galuh.id - Sebanyak 23 pemain tengah mengikuti latihan dan seleksi untuk memperkuat tim PSGC Ciamis dalam kompetisi tahun ini.

Demi Kemajuan Bersama, Peternak Ayam Sentul Ciamis Adakan Pertemuan

Ciamis, galuh.id - Para peternak ayam sentul Ciamis untuk kemajuan bersama adakan pertemuan di kediaman Nurmawan, salah seorang peternak di Kertabumi Kecamatan...

Pungli di Samsat Ciamis, WP Dimintai Uang untuk Tembak KTP

Ciamis, galuh.id - Seorang Wajib Pajak (WP) bernama Rudiat, warga Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, terlibat perang mulut dengan oknum pegawai berseragam Dispenda Jabar. Pasalnya...

Mobil Dinas PA Ciamis Terguling, 7 Orang Terluka

Ciamis, galuh.id - Tujuh orang pegawai Pengandilan Agama (PA) Ciamis terluka akibat mobil mini bus yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan, Jum'at (1/10/2019).

Pengusaha Bersama PWI Peduli Pusat dan TNI Salurkan Beras kepada Warga Tangerang

Berita Nasional, galuh.id - Tiga Komunitas pimpinan Kurniawan Tan -pengusaha asal Kota Tangerang menyalurkan bantuan beras kepada warga terdampak Covid-19, Selasa (21/4/2020).