Kamis, Juli 25, 2024

Jacksen F Tiago: Sepak Bola Indonesia Era STY Naik Level

Baca Juga
- Advertisement -

Galuh.id– Jacksen F Tiago yang merupakan pelatih asal Brasil menilai sepak bola Indonesia era Shin Tae-yong (STY) naik level.

Dalam wawancaranya di kanal Youtube Helmy Yahya Bicara, Jacksen F Tiago bahkan memuji prestasi STY yang belum pernah dicapai oleh pelatih-pelatih sebelumnya.

Oleh karena itu, ia menilai STY telah mampu membawa sepak bola Indonesia naik ke level yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

- Advertisement -

“Saya merasa, apa yang STY lakukan sungguh luar biasa. Ia mampu membawa sepak bola Indonesia ke level yang belum pernah dicapai oleh pelatih lain,” ucap Jacksen.

Selain itu, Jacksen juga mengapresiasi hal positif lain di era STY selama menangani Timnas Indonesia. 

Menurutnya, pelatih asal Korea Selatan tersebut mampu menyemai optimisme di kalangan pecinta sepak bola Indonesia. 

Padahal sebelumnya banyak orang pesimistis dengan peluang Skuad Garuda saat berhadapan dengan negara-negara lain. 

Bahkan, banyak yang yakin bahwa Timnas Indonesia akan menjadi lumbung gol, terutama jika menghadapi lawan yang satu atau dua level di atas mereka.

“Namun, sekarang tidak. Kini, menghadapi negara manapun, harapan untuk keluar sebagai pemenang itu ada. Kehadiran beliau membawa dampak seperti itu,” kata Jacksen.

Hal tersebut juga lantas membuat Timnas Indonesia mampu bersaing dengan negara lainnya.

“Kehadiran beliau memberikan harapan bahwa sepak bola Indonesia sekarang bisa bersaing dengan negara lain. Kehadiran beliau sangat positif,” lanjut Jacksen.

Level Timnas Indonesia Melampaui Asia Tenggara

Lebih lanjut, Jacksen menyebut capaian Indonesia memang belum teruji di level Asia Tenggara. 

Namun menurutnya, level Indonesia saat ini justru sudah melampaui Asia Tenggara.

“Menurut saya, kita belum benar-benar teruji sebagai yang terbaik di Asia Tenggara. STY mampu membawa Indonesia ke level yang sebenarnya, Asia Tenggara sudah tidak relevan lagi,” papar Jacksen.

Baca juga: Elkan Baggott Bakal Comeback Perkuat Timnas Indonesia

Menurut Jacksen F Tiago, terlepas dari pro dan kontra mengenai STY di Indonesia, STY adalah pelatih hebat. 

Hal ini, sambung salah satu pelatih terbaik di kancah sepak bola Indonesia tersebut, terbukti dari rekam jejak Shin Tae-yong yang impresif.

“Menurut saya, STY adalah orang yang datang ke Indonesia dengan CV paling hebat. Saya tidak bicara apakah dia hebat atau tidak, tetapi CV beliau tidak boleh diperdebatkan lagi karena dia sudah membuktikan di level tertinggi sepak bola dunia, yaitu Piala Dunia,” tegas Jacksen.

- Advertisement -
- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Bojan Hodak Tak Turunkan Pemain Terbaik Persib Demi Tembus Semifinal Piala Presiden

Galuh.id- Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, berbicara tentang strategi rotasi pemain menjelang pertandingan melawan Persis Solo dalam perebutan tiket...

Artikel Terkait