Minggu, 20 September 2020
Minggu, 20 September 2020
 
 

Jembatan Gantung Nyaris Putus, Warga Kertabumi Ciamis Rehab dengan Swadaya

Cijeungjing, galuh.id– Warga Dusun Nagrog, Desa Kertabumi, Cijeungjing Ciamis gotong royong merehab jembatan gantung yang nyaris putus dengan dana swadaya.

Gotong royong yang dimulai sejak Rabu (05/11/2019) ini murni menggunakan dana swadaya, karena kondisi jembatan yang sangat memprihatinkan.

Menurut penggagas rehab tersebut, Suhara, yang juga merupakan ketua RT 28, kondisi jembatan yang menghubungkan Desa Kertabumi dengan Desa Pamalayan ini kondisinya sudah rusak.

“Titian yang terbuat dari bambu sudah lapuk, dan kawat tumpuan bagian bawah sudah putus sehingga akan membahayakan bagi yang melintas,” jelas Suhara.

Jembatan gantung yang melintasi Sungai Cibuyut ini memiliki panjang 30 meter dan lebar 1,4 meter, dan taksiran biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 10 juta.

Menurut Suhara, biaya tersebut sebagian digunakan untuk membeli kawat sling baja kualitas ekspor dan tiang pancang menggunakan coran.

“Mengingat jembatan ini merupakan akses yang sangat penting karena menghubungkan 2 desa, maka kami pun berupaya dengan dana swadaya agar jembatan ini dapat kembali digunakan,” jelas Suhara.

Untuk waktu pengerjaan, menurut perkiraan akan memakan waktu selama 17 hari karena menunggu tiang pancang yang dicor kering.

Jembatan ini sering digunakan oleh warga, karena jika melalui jalan aspal untuk menuju Desa Pamalayan harus berputar dan memakan waktu.

Dengan jembatan yang menghubungkan wilayah RT 28 RW 13 , Dusun Nagrog, Desa Kertabumi dengan RT 39 RW 15 Dusun Majaprana, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing.

“Semoga rehab ini berjalan lancar dan selesai sesuai dengan rencana awal, agar masyarakat kembali dapat menggunakan jembatan tersebut,” jelas Suhara. (GaluhID/YP)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,779FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...

Kenapa BLT BPJS Tahap 4 Belum Cair? Ternyata Ini Penyebabnya

BLT BPJS tahap 4 belum cair dikeluhkan oleh masyarakat. Hingga kini masih banyak pekerja yang belum menerima subsidi upah ini.

Kopinus Ciamis Ngopi Asik di Tengah Alam Hutan Pinus

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi para penikmat kopi, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kopinus Ciamis. Tempat ngopi yang satu ini menyuguhkan...

Komentar Legenda PSMS Medan Terhadap Gomes de Oliveira

Info Liga 2, galuh.id - Legenda PSMS Medan, Nobon Kayamudin mengaku akan memantau perkembangan latihan tim tersebut di bawah arahan Gomes de...