Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

Jembatan Gantung Nyaris Putus, Warga Kertabumi Ciamis Rehab dengan Swadaya

Cijeungjing, galuh.id– Warga Dusun Nagrog, Desa Kertabumi, Cijeungjing Ciamis gotong royong merehab jembatan gantung yang nyaris putus dengan dana swadaya.

Gotong royong yang dimulai sejak Rabu (05/11/2019) ini murni menggunakan dana swadaya, karena kondisi jembatan yang sangat memprihatinkan.

Menurut penggagas rehab tersebut, Suhara, yang juga merupakan ketua RT 28, kondisi jembatan yang menghubungkan Desa Kertabumi dengan Desa Pamalayan ini kondisinya sudah rusak.

“Titian yang terbuat dari bambu sudah lapuk, dan kawat tumpuan bagian bawah sudah putus sehingga akan membahayakan bagi yang melintas,” jelas Suhara.

Jembatan gantung yang melintasi Sungai Cibuyut ini memiliki panjang 30 meter dan lebar 1,4 meter, dan taksiran biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 10 juta.

Menurut Suhara, biaya tersebut sebagian digunakan untuk membeli kawat sling baja kualitas ekspor dan tiang pancang menggunakan coran.

“Mengingat jembatan ini merupakan akses yang sangat penting karena menghubungkan 2 desa, maka kami pun berupaya dengan dana swadaya agar jembatan ini dapat kembali digunakan,” jelas Suhara.

Untuk waktu pengerjaan, menurut perkiraan akan memakan waktu selama 17 hari karena menunggu tiang pancang yang dicor kering.

Jembatan ini sering digunakan oleh warga, karena jika melalui jalan aspal untuk menuju Desa Pamalayan harus berputar dan memakan waktu.

Dengan jembatan yang menghubungkan wilayah RT 28 RW 13 , Dusun Nagrog, Desa Kertabumi dengan RT 39 RW 15 Dusun Majaprana, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing.

“Semoga rehab ini berjalan lancar dan selesai sesuai dengan rencana awal, agar masyarakat kembali dapat menggunakan jembatan tersebut,” jelas Suhara. (GaluhID/YP)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...