Rabu, 30 September 2020
Rabu, 30 September 2020
 
 

Kemeriahan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional ke-74 di Cipaku Ciamis

Cipaku, galuh.id – Puncak acara peringatan HUT PGRI berlangsung di halaman kantor Kecamatan Cipaku, Buniseuri, Rabu (27/11/2019) pagi, dengan menampilkan hiburan dangdut dan pembagian hadiah perlombaan.

Selain itu, pada kesempatan tersebut diadakan perlombaan jalan sehat yang diikuti para guru dan siswa-siswi jenjang SD, SMP, dan MTS juga masyarakat setempat.

Para peserta pun terlihat antusias dengan dilaksanakannya lomba jalan santai tersebut. Mereka sangat mengapresiasi PGRI Cipaku yang telah menyemarakkan peringatan hari guru dan HUT PGRI.

Totong S.Pd, ketua PGRI Cabang Cipaku, mengatakan, dalam rangka menyambut hari PGRI, setiap tahunnya selalu dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan.

“Pada HUT PGRI yang ke-74, di Kecamatan Cipaku dimeriahkan dengan kegiatan olahraga antar ranting,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan tersebut meliputi voly putra dan putri, olahraga tradisional, futsal, bulutangkis, jalan santai dan lomba karaoke.

Pada acara tersebut, Ketua Panitia, Endang Darman, tampak memandu hiburan diselingi penarikan kupon lucky draw yang berhadiah aneka jenis barang dengan hadiah utama 2 buah sepeda gunung dan kulkas.

Momen pada hari Guru Nasional ini setiap tahunnya selalu dimeriahkan berbagai kegiatan dan mendapat respon luar biasa dari para guru, siswa maupun masyarakat.

Guru adalah ujung tombak sistem pendidikan. Mereka mengajarkan berbagai hal dengan antusias, kesabaran, dan kasih sayang.

Hari Guru Nasional selalu diperingati setiap tanggal 25 November seiring dengan berdirinya PGRI. Tahun ini organisasi guru tersebut telah memasuki usia ke-74.

Hal ini, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 pada tahun 1994, telah menetapkan bahwa Hari Guru Nasional diperingati setiap pada tanggal 25 November. Surat Keppres itu pun menetapkan berdirinya PGRI.

Bahkan, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang menjadi rumah para guru ini sendiri dibentuk tak selang berapa lama dari peristiwa proklamasi RI 1945.

Dilansir dari berbagai sumber, PGRI adalah sebuah organisasi yang awalnya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini pertama kali didirikan pada 1912. Organisasi itu merupakan simbol perjuangan para guru di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. (GaluhID/Dhi)

Loading...

Artikel Terkait

Pemkab Ciamis Menata Pelembagaan dan SOTK Perangkat Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis menggelar kegiatan penataan pelembagaan dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja atau SOTK Perangkat Daerah...

6 Desa Berprestasi di Ciamis Dapat Bantuan Mobil Maskara

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 6 desa berprestasi kategori mandiri di Ciamis mendapat bantuan kendaraan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) dari Gubernur...

Lewat Adu Panggal, Pemuda Ciamis Kenalkan Potensi Wisata di Desa Kalijaya

Berita Ciamis, galuh.id - Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Satria Panyawangan, Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mempunyai cara unik dalam...

Temukan Kami

48,723FansSuka
189PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pemkab Ciamis Menata Pelembagaan dan SOTK Perangkat Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis menggelar kegiatan penataan pelembagaan dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja atau SOTK Perangkat Daerah...

Liga 1 dan Liga 2 Ditunda Sampai November 2020

Berita Olahraga, galuh.id - PSSI telah mengumumkan kalau kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ditunda hingga bulan November 2020. Hal ini dikarenakan...

Update Level Kewaspadaan Covid-19, 5 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah

Berita Jabar, galuh.id – Sebanyak 5 daerah di Jabar masuk zona merah. Hal itu disampaikan Gubernur Jabar sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan...

Tanaman Janda Bolong Termahal, Bagaimana Cara Merawatnya?

Tanaman Janda Bolong termahal ini sedang dibicarakan oleh banyak orang. Pada media sosial, sejumlah netizen tak henti membagikan foto Janda Bolong melalui...

Kepesertaan Prakerja Dicabut, Masih Bolehkah Daftar?

Jika kepesertaan Prakerja dicabut, masih bolehkah mendaftar lagi? Ini menjadi pertanyaan banyak orang. Apalagi Manajemen Kartu Prakerja menyatakan gelombang...