Sabtu, 26 September 2020
Sabtu, 26 September 2020
 
 

Kemeriahan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional ke-74 di Cipaku Ciamis

Cipaku, galuh.id – Puncak acara peringatan HUT PGRI berlangsung di halaman kantor Kecamatan Cipaku, Buniseuri, Rabu (27/11/2019) pagi, dengan menampilkan hiburan dangdut dan pembagian hadiah perlombaan.

Selain itu, pada kesempatan tersebut diadakan perlombaan jalan sehat yang diikuti para guru dan siswa-siswi jenjang SD, SMP, dan MTS juga masyarakat setempat.

Para peserta pun terlihat antusias dengan dilaksanakannya lomba jalan santai tersebut. Mereka sangat mengapresiasi PGRI Cipaku yang telah menyemarakkan peringatan hari guru dan HUT PGRI.

Totong S.Pd, ketua PGRI Cabang Cipaku, mengatakan, dalam rangka menyambut hari PGRI, setiap tahunnya selalu dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan.

“Pada HUT PGRI yang ke-74, di Kecamatan Cipaku dimeriahkan dengan kegiatan olahraga antar ranting,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan tersebut meliputi voly putra dan putri, olahraga tradisional, futsal, bulutangkis, jalan santai dan lomba karaoke.

Pada acara tersebut, Ketua Panitia, Endang Darman, tampak memandu hiburan diselingi penarikan kupon lucky draw yang berhadiah aneka jenis barang dengan hadiah utama 2 buah sepeda gunung dan kulkas.

Momen pada hari Guru Nasional ini setiap tahunnya selalu dimeriahkan berbagai kegiatan dan mendapat respon luar biasa dari para guru, siswa maupun masyarakat.

Guru adalah ujung tombak sistem pendidikan. Mereka mengajarkan berbagai hal dengan antusias, kesabaran, dan kasih sayang.

Hari Guru Nasional selalu diperingati setiap tanggal 25 November seiring dengan berdirinya PGRI. Tahun ini organisasi guru tersebut telah memasuki usia ke-74.

Hal ini, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 pada tahun 1994, telah menetapkan bahwa Hari Guru Nasional diperingati setiap pada tanggal 25 November. Surat Keppres itu pun menetapkan berdirinya PGRI.

Bahkan, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang menjadi rumah para guru ini sendiri dibentuk tak selang berapa lama dari peristiwa proklamasi RI 1945.

Dilansir dari berbagai sumber, PGRI adalah sebuah organisasi yang awalnya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini pertama kali didirikan pada 1912. Organisasi itu merupakan simbol perjuangan para guru di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. (GaluhID/Dhi)

Loading...

Artikel Terkait

Ciptakan Perubahan, Pemuda Islam di Ciamis Harus Aktif dalam Perpolitikan

Berita Ciamis, galuh.id - Pemuda Islam harus ikut berkontribusi dalam pembangunan dan berkompetisi untuk mengisi posisi kepemimpinan dari mulai level nasional hingga...

PKK Ciamis Beri Kontribusi Besar di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - PKK Ciamis telah memberi kontribusi besar di tengah pandemi Corona. Di bawah komando TP-PKK Kabupaten Ciamis, PKK ikut...

Tren Corona Meningkat, Satgas Penanganan COVID-19 Siap Dibentuk Pemkab Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar persiapan pembentukan Satgas penanganan COVID-19 melalui video conference dari ruang Oproom Setda Ciamis, Kamis, (24/9/2020).

Temukan Kami

48,739FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Thomas Alva Edison, Fisikawan yang Tidak Tamat SD

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Pada tahun 1854, orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan....

Apa Arti Belajar Daring? Tips Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Apa arti belajar Daring dan bagaimana tips belajar saat pandemi Covid-19 untuk guru dan siswa, maupun mahasiswa dan dosen?

Literasi Informasi, Modal Penulis Berkembang di Era Digital

Perkembangan dunia digital dan munculnya begitu banyak platform digital yang semakin merambah ke segala bidang. Hal ini membuat penulis semakin mudah menuangkan...

Ilmuwan ITB Prediksi Tsunami Setinggi 20 Meter

Berita Nasional, galuh.id- Berita mengenai bencana banjir belum lagi reda, kembali jagad media online diramaikan oleh pernyataan ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB)...

Bayern Munchen Juara, Hadiah Ulang Tahun untuk Thomas Muller

Bayern Munchen juara setelah menaklukan lawannya, Sevilla dengan skor tipis 2-1. Kampiun Liga Eropa tersebut terpaksa harus menerima kekalahan di babak tambahan.