Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

Makanan Penurun Panas Demam Alami, Pertolongan Pertama Saat Sakit

Makanan penurun panas demam secara alami memang banyak tersedia di sekitar kehidupan kita sehari-hari. Namun kadang terlupakan bahkan ada yang berpikir bukanlah obat yang ampuh.

Mengkonsumsi makanan yang masuk ketika kita sedang sakit atau panas demam akan terasa tidak enak bahkan bisa sampai kehilangan selera makan.

Untuk menambah asupan gizi dan vitamin, jika Anda demam maka harus memaksakan untuk makan. Karena itu, Anda perlu memilih makanan penurun panas demam secara alami. 

Pada saat panas demam tubuh akan dengan cepat mengeluarkan cairan dan membakar kalori karena tubuh menerima tekanan tambahan pada tubuh.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan dan Menetralisir Racun

Sistem kekebalan juga harus Anda tingkatkan dengan memakan nutrisi dan energi dari makanan yang kita makan.    

Berikut adalah makanan penurun panas demam alami yang tersedia di sekitar:

Madu

Sudah banyak yang mengetahui madu memiliki khasiat yang luar biasa karena memiiki senyawa yang baik untuk tubuh. Apalagi madu alami memiliki manfaat yang lebih baik daripada madu yang sudah dicampur.

Selain itu, madu sebagai salah satu makanan penurun panas demam alami, memang banyak masyarakat yang mencarinya.

Cara membuat larutan madu untuk penurun demam sangatlah mudah, karena rasanya yang manis sebagai pemanis alami inilah madu menjadi pengganti gula pasir. Setelah itu madu campur dengan air hangat atau dengan air teh. Madu juga bisa menjadi toping makanan.

Bawang Putih

Bahan pelengkap masakan yang berwarna putih ini memiliki berbagai manfaat yang banyak. Bawang putih terkenal dari berabad-abad yang lampau sebagai pelengkap masakan yang dapat merangsang sistem kekebalan.

Menurut beberapa penelitian orang yang mengkonsumi bawang putih lebih jarang sakit daripada yang tidak mengkonsumi bawang putih. Meskipun memiliki ukuran yang kecil tetapi sangat bermanfaat banyak terutama mengobati penderita panas demam dengan cara alami.

Sup Ayam

Makanan penurun panas yang pertama yaitu sup ayam karena banyak mengandung mineral, vitamin, kalori, protein dan zat besi yang berguna untuk tubuh yang sedang sakit.

Sup ayam memiliki cairan elektrolit sebagai pengganti cairan tubuh dan menghambat neutrofil berupa sel darah putih yang menjadi penyebab hidung tersumbat dan batuk-batuk. Oleh karena inilah sup ayam sangat efektif melawan pilek, batuk dan demam.

Air Kelapa

Makanan penurun panas demam selanjutnya adalah air kelapa. Air yang terjaga dan memiliki kandungan yang dapat menetralkan menjadi salah satu pilihan tepat untuk menurunkan panas dalam. Bukan itu saja, air kelapa mudah didapatkan karena banyak di mana-mana terutama di daerah selatan Jawa.

Baca Juga: Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan-bahan Alami, Gampang Banget!

Nah, karena itu air kelapa menjadi pilihan yang paling baik ketika kita mengalami demam panas dan menjadi makanan penurun panas demam secara alami. 

Aroma manis kelapa mengandung elektrolit dan glukosa  serta antioksidan yang dapat melawan  rusaknya oksidatif dan juga pengontrolan gula darah dalam tubuh. Namun jangan terlalu berlebihan karena kelapa bisa menyebabkan kembung daripada elektrolit lain.

Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman yang banyak masyarakat budidayakan karena kandungan jahe sebagai obat antiimflamasi non steroid. Selain itu jahe juga bermanfaat untuk penghilang mual dan pengobatan anti kanker.

Cara mengolah jahe sangat mudah, ambil potongan jahe sebesar ibu jari. Kemudian memarkan jahe dan masukan ke air mendidih, kemudian rebus. Setelah hangat barulah air rebusan jahe tersebut bisa kita minum karena sebagai makanan penurun panas demam secara alami.

Teh Panas

Teh panas bersifat dekongestan alami dan membantu membersihkan sinus dari lendir. Selain itu, teh panas bisa campur dengan madu alami sehingga bisa membuat kita lebih manis atau tetap. Teh juga memiliki sanyawa tannin dan polifenol sebagai antivirus, antijamur dan anti bakteri.

Pisang

Makanan pisang memiliki kandungan kalori yang nutrisi yang cukup dan baik untuk Anda konsumsi ketika sakit. Jenis pisang sangat beragam sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Demikian berbagai makanan penurun panas demam secara alami yang bisa Anda pilih dengan bijak. Namun, apabila tidak membaik maka segera hubungi dokter. (GaluhID/Setiadi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan