oleh

Motor Hemat Bensin? Coba Lakukan Ini dengan Rutin!

Hubungi
 
 

Tips Otomotif, galuh.id – Motor hemat bensin jadi idaman para pengendara roda dua. Memiliki kendaraan bermotor tentu banyak manfaatnya. Satu hal yang patut diperhatikan adalah biaya untuk bahan bakar kendaraan tersebut.

Terlebih untuk kendaraan jenis motor yang memang diperuntukkan untuk kalangan masyarakat menengah, maka dari itu dibutuhkan penghematan guna menekan biaya pengeluaran bahan bakar.

Loading...

Uang yang dihemat tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan perawatan motor atau bahkan untuk kebutuhan yang lain.

Tips Motor Hemat Bensin

Untuk bisa menghemat biaya pengeluaran bensin untuk motor, lakukan beberapa langkah sederhana berikut:

Jangan Ugal-Ugalan

Kebanyakan pengendara motor berkendara ugal-ugalan di jalanan agar terlihat keren. Padahal dampak negatifnya adalah dapat membuat bensin motor yang dipakai cepat habis.

Berkendaralah sewajarnya dan dalam kecepatan yang stabil. Hindari sembarangan dalam menggeber gas motor. Karena ketika gas digeber secara mendadak akan membuat mesin cepat rusak.

Hasilnya mesin yang rusak mengganggu efektivitas dalam pembakaran dan membuat boros bahan bakar.

Selain motor hemat bensin, berkendara dengan tidak ugal-ugalan bermanfaat bagi keselamatan diri sendiri. Tentunya juga tidak membahayakan keselamatan orang lain.

Gunakan Oli yang Tepat untuk Motor

Oli atau pelumas adalah hal yang penting untuk kebaikan mesin. Oli atau pelumas yang tepat dapat membuat mesin bekerja maksimal karena dapat mengurangi gesekan atau friksi yang terjadi di dalam mesin motor.

Gunakanlah pelumas untuk mesin motor yang terstandar atau official atau direkomendasikan oleh dealer resmi yang terpercaya, agar motor Anda hemat bensin.

Karena biasanya oli yang tidak tepat atau tidak cocok untuk mesin Anda akan membuat gesekan di dalam mesin motor lebih besar. Akibatnya motor Anda akan lebih boros pengeluaran bahan bakarnya.

Servis Motor Anda Secara Berkala

Sebaiknya langkah ini Anda lakukan untuk membuat motor hemat bensin. Servis motor secara berkala merupakan investasi jangka panjang karena mencegah kerusakan yang lebih besar nantinya.

Contoh terburuknya adalah jika motor Anda jarang servis maka komponen yang rusak di mesinnya akan lebih besar dan harus turun mesin.

Karena itu servislah motor Anda secara berkala setiap 4000 KM atau 2000 KM penggunaan motor. Hal ini akan meningkatkan performa mesin ke dalam taraf maksimal.

Selain itu akan meningkatkan efektivitas penggunaan bahan bakarnya juga. Mesin motor yang terawat akan menghasilkan pengeluaran biaya bahan bakar yang hemat.

Selain motor hemat bensin, manfaat lain dari servis motor adalah Anda bisa mengetahui masalah apa yang ada dalam mesin motor Anda. Misalnya apakah ada suku cadang yang mesti diganti? Serta komponen apa yang hilang dan harus ditambahkan pada motor Anda.

Periksa Tekanan Ban

Langkah selanjutnya adalah Anda harus rutin memeriksa tekanan ban untuk motor Anda.

Minimal rajin-rajin untuk mengisi angin karena ban yang kurang angin akan mengakibatkan mesin motor harus bekerja lebih ekstra daripada biasanya.

Tekanan ban ideal untuk motor adalah 29 psi untuk ban depan serta 33 psi untuk ban belakang.

Jika Anda jarang memeriksa tekanan ban motor Anda dan jarang mengisi angin ban Anda secara rutin, siap-siap Anda akan merogoh kocek lebih besar.

Karena seringnya ban yang kurang angin akan mengalami kebocoran di jalan atau paling parah adalah pecah di jalan.

Dengan mengisi angin akan mengurangi jarak yang akan menimbulkan gesekan di ban dalam dan ban luar. Selain itu, mesin akan bekerja dengan wajar sehingga motor hemat bensin. (GaluhID)

loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA