Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

Panggung Sajak Digelar Dalam Rangka HUT Kota Banjar ke-17

Berita Banjar, galuh.id – Dalam rangka Hari Jadi ke 17 Kota Banjar sekaligus peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional, Panggung Sajak menggelar tadarus budaya dan apresiasi puisi edisi 10.

Tadarus budaya yang digawangi pegiat budaya Kota Banjar, Dani Danial Muklis, Syarif Hidayat, Sopian Munawar, Firosul Haq tersebut di gelar di SMAN 2 Banjar, Kamis (20/02).

Panggung Sajak Ini Untuk Membangun Ekosistem Kebudayaan Kota Banjar

Menurut Koordinator Panggung Sajak, Syarif Hidayat menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda program budaya yang bersifat periodik.

Dengan tujuan untuk membangun ekosistem kebudayaan dengan sasaran anak muda serta generasi milenial Kota Banjar.

“Sebelumnya kami sering menggelar apresiasi sajak di tempat-tempat yang seyogyanya jarang tersentuh oleh kegiatan budaya.

Sehingga, tadarus budaya ini hadir untuk menyapa para generasi milenial untuk bergiat dalam membangkitkan kembali kebudayaan Indonesia,” ucapnya.

Syarif menambahkan pelaksanaan tadarus budaya tersebut merupakan kegiatan yang bersifat sukarela.

Karena kata dia, Panggung Sajak ini misi untuk membangkitkan semangat literasi, juga sebagai upaya merawat ketahanan budaya bangsa.

Apalagi lanjut Syarif tadarus budaya ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi kota Banjar yang ke 17. Ditambah dengan peringatan hari bahasa ibu internasional.

Alasan tadarus budaya ini dilaksanakan di SMAN 2 Banjar, Syarif mengemukakan penentuan itu tidak serta merta dipilih secara sepihak.

Akan tetapi melihat dari beberapa indikator seperti giat literasi yang sudah menjadi budaya. Kemudian adanya akulturasi budaya antara sunda dan jawa.

Esensi dari pelaksanaan panggung sajak tadarus budaya ini yakni memberikan ruang untuk belajar bersama.

Serta saling memberikan apreasiasi karya yang telah dilahirkan. Apalagi SMAN 2 Banjar telah menjadi sekolah budaya literasi.

“Siswa dan guru di sekolah ini telah banyak mengeluarkan karya tulis yang dibukukan. Dan ini patut untuk diberikan apreasiasi di tengah kebahagiaan hari jadi kota Banjar ke 17 tersebut,” kata Syarif Dewan Kebudayaan Kota Banjar.

Maka ia berharap, spirit dalam budaya literasi yang terjadi di SMAN 2 Banjar tersebut, harus menjadi momentum energi besar bagi perkembangan intelektual di Kota Banjar. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Forum Umat Islam Kota Banjar Tolak RUU HIP

Berita Banjar, galuh.Id - Ratusan massa yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) dan masyarakat Banjar melakukan orasi di halaman Alun-alun Masjid...

Di Tengah Pandemi Covid-19, Ini yang Dilakukan Pedagang Kupat Tahu Banjar

Berita Banjar, galuh.id - Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) pedagang Kupat Tahu Banjar melakukan strategi lain untuk mempertahankan pendapatannya.

Bakti Sosial Brotherhood 1% MC Cegah Covid-19: Bagi-bagi APD di Tasikmalaya, Banjar dan Ciamis

Berita Jabar, galuh.id - Klub Motor yang tergabung dalam Bikers Brotherhood 1% MC (BB 1% MC) wilayah Tasikmalaya.

Temukan Kami

49,396FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Tim Sepakbola Askab Ciamis U-16 Juara I Piala Menpora 2019

Ciamis, galuh.id - Tim sepakbola PSSI Askab Ciamis U - 16 menjadi juara I Piala Menpora Tahun 2019 wilayah Priangan Timur setelah...

Lagu Corona Rhoma Irama Menarik Perhatian Warganet

Infotainment, galuh.id - Lagu Corona Rhoma Irama menarik perhatian warganet. Lagu ciptaan Rhoma Irama ini dirilis pada 3 April 2020 oleh label...

Cegah Corona, SMK Al-Ikhlas Panawangan Ciamis Serahkan APD

Berita Ciamis, galuh.id - Dalam rangka membantu pemerintah menangani wabah virus Corona atau Covid-19, SMK Al-Ikhlas Panawangan menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD)...

Laga Persebaya vs PSS Sleman Berakhir Rusuh, Sanksi Komdis Menanti?

Info Liga 1, galuh.id - Peristiwa memalukan kembali datang dari kompetisi Liga 1 2019. Kerusuhan penonton mewarnai laga antara Persebaya Surabaya menjamu...

Jalur Offroad di Ciamis Tersaji di Wahana Wisata Grand Sayang Kaak

Berita Ciamis, galuh.id - Jalur Offroad di Ciamis menjadi salah satu wahana yang berada di dalam wahana wisata Grand Sayang Kaak, Handapherang...