Sabtu, 26 September 2020
Sabtu, 26 September 2020
 
 

Pemudik Ciamis dari Zona Merah Diimbau Periksakan Diri ke Puskesmas

Berita Ciamis, galuh.id – Pemudik Ciamis atau masyarakat yang bekerja di luar kota masih banyak yang memanfaatkan hari libur kerja mereka untuk mudik ke kampung halamannya.

Padahal, sudah ada imbauan dari pemerintah untuk tidak melakukan perjalanan di tengah situasi darurat Covid-19.

Terlebih untuk masyarakat yang berada di kawasan zona merah atau yang terpapar Covid-19. Yakni, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Bandung, dan Tangerang.

Bagi warga yang berada di kawasan zona merah diimbau untuk tidak bepergian. Namun, tetap saja masih ada warga yang nekat pulang kampung di saat libur kerja.

Di Kabupaten Ciamis, sejumlah warga yang datang dari zona merah Covid-19 mendatangi sekretariat Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Dinas Kesehatan Ciamis, Rabu (25/03/2020).

Mereka pulang merantau dari Tangerang, Bandung, dan Jakarta. Mereka terlihat mendatangi sekretariat PIK Covid-19 Ciamis, sejak pukul 10.00 WIB.

Kedatangan mereka ke Ciamis karena hari merah dan libur kerja. Mereka juga mengaku tidak mengetahui adanya anjuran dilarang mudik.

Mereka diarahkan oleh RT/RW di lingkungan rumahnya untuk datang ke posko PIK Covid-19 Ciamis, guna pendataan dan pemeriksaan kondisi kesehatan mereka di posko.

“Enggak tahu ada larangan mudik, pas sampai di rumah, RT suruh saya lapor kesini,” tutur salah satu pemudik yang berasal dari Tangerang.

Saat di posko, warga yang baru datang dari zona merah diberi pengarahan dan pencegahan Covid-19 oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Maman Somantri.

Selain itu, mereka juga diminta untuk melakukan isolasi diri, termasuk tidak diperbolehkan untuk melakukan hubungan suami istri.

Mereka yang dari daerah zona merah Covid-19 juga diminta untuk memeriksakan kondisi kesehatannya ke Puskesmas.

Maman mengatakan, kehadiran warga yang baru datang dari zona merah Covid-19 otomatis dicatat dan dinyatakan sebagai orang dalam pemantauan (ODP)

“Jika statusnya sudah ODP, warga tidak boleh kemana-mana, dan bagi yang sudah suami istri, jangan dulu berhubungan intim,” ujar Maman.

Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Tidak Melayani Pemeriksaan

Sementara itu, petugas piket PIK Covid-19 Ciamis, Yuyun Gunawan mengatakan, RT/RW harusnya tidak mengarahkan mereka yang baru datang dari zona merah untuk datang ke PIK Covid-19.

Terlebih, kata Yuyun, posko Covid-19 tidak melayani pemeriksaan, melainkan sebatas pelayanan informasi terkait Covid-19.

“Kebayang kalau semua diarahkan ke sini, kasihan yang dari jauh. Kan di daerah juga ada Puskesmas,” terang Yuyun.

Menurutnya, akan lebih efisien jika pemudik yang datang ke Ciamis, diarahkan oleh RT/RW setempat untuk langsung ke Puskesmas terdekat. Hal itu sekaligus untuk dilakukan pendataan. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Ciptakan Perubahan, Pemuda Islam di Ciamis Harus Aktif dalam Perpolitikan

Berita Ciamis, galuh.id - Pemuda Islam harus ikut berkontribusi dalam pembangunan dan berkompetisi untuk mengisi posisi kepemimpinan dari mulai level nasional hingga...

PKK Ciamis Beri Kontribusi Besar di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - PKK Ciamis telah memberi kontribusi besar di tengah pandemi Corona. Di bawah komando TP-PKK Kabupaten Ciamis, PKK ikut...

Tren Corona Meningkat, Satgas Penanganan COVID-19 Siap Dibentuk Pemkab Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar persiapan pembentukan Satgas penanganan COVID-19 melalui video conference dari ruang Oproom Setda Ciamis, Kamis, (24/9/2020).

Temukan Kami

48,739FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Thomas Alva Edison, Fisikawan yang Tidak Tamat SD

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Pada tahun 1854, orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan....

Apa Arti Belajar Daring? Tips Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Apa arti belajar Daring dan bagaimana tips belajar saat pandemi Covid-19 untuk guru dan siswa, maupun mahasiswa dan dosen?

Literasi Informasi, Modal Penulis Berkembang di Era Digital

Perkembangan dunia digital dan munculnya begitu banyak platform digital yang semakin merambah ke segala bidang. Hal ini membuat penulis semakin mudah menuangkan...

Ilmuwan ITB Prediksi Tsunami Setinggi 20 Meter

Berita Nasional, galuh.id- Berita mengenai bencana banjir belum lagi reda, kembali jagad media online diramaikan oleh pernyataan ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB)...

Bayern Munchen Juara, Hadiah Ulang Tahun untuk Thomas Muller

Bayern Munchen juara setelah menaklukan lawannya, Sevilla dengan skor tipis 2-1. Kampiun Liga Eropa tersebut terpaksa harus menerima kekalahan di babak tambahan.