Minggu, 20 September 2020
Minggu, 20 September 2020
 
 

Pergerakan Tanah di Ciamis, Rumah Warga Retak Parah

Rancah, galuh.id – Pergerakan tanah di Ciamis terjadi di Dusun Sukamandi, Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akibatnya sedikitnya 10 rumah warga retak-retak.

Diduga pergerakan tanah tersebut karena musim kemarau. Kondisi rumah yang terdampak dari pergerakan tanah mengalami kerusakan ringan hingga rusak berat.

Berbagai kerusakan terjadi pada lantai rumah dengan lebar bervariasi, hingga dinding rumah jebol dan sangat berbahaya apabila dihuni.

Camat Tambaksari Dadang Heriyana, mengatakan pergerakan tanah di wilayahnya diduga disebabkan musim kemarau yang cukup panjang.

“Iya mungkin pergerakan tanah ini akibat musim kemarau yang cukup panjang, sehingga menyebabkan tanah retak,” ujarnya kepada wartawan.

Pihaknya mendapatkan laporan dari warga dan aparat desa, Pemerintah Kecamatan bekerjasama dengan BPBD Ciamis langsung meninjau lokasi untuk mendata dan mengevakuasi korban yang rumahnya terkena pergerakan tanah.

“Berdasarkan hasil pemantauan ada sekitar 10 rumah yang rusak. Ada 1 rumah yang dikosongkan, penghuninya mengungsi 1 kepala keluarga,” ujar Dadang, Selasa (29/10/2019).

Dadang menuturkan 10 rumah yang retak akibat pergerakan tanah cukup membahayakan, sehingga pihak Kecamatan mencoba membujuk warga supaya mengungsi.

“Kita coba untuk membujuk warga yang terkena dampak ini supaya mereka pindah, karena sangat berbahaya bagi keselamatan, rumah yang retak tidak boleh dipakai tidur, khawatir rumah ambruk,” ucap Dadang.

Padahal, kata Dadang, biasanya pergerakan tanah terjadi saat musim hujan. Sehingga dirinya sangat khawatir dengan kondisi ini, untuk semua warga tetap waspada dan antisipasi segala kemungkinan terjadi.

“Kemungkinan karena musim kemarau. Menurut penelitian dari Geofisika juga pengaruh dari pergeseran sesar Lembang,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,779FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...

Kenapa BLT BPJS Tahap 4 Belum Cair? Ternyata Ini Penyebabnya

BLT BPJS tahap 4 belum cair dikeluhkan oleh masyarakat. Hingga kini masih banyak pekerja yang belum menerima subsidi upah ini.

Kopinus Ciamis Ngopi Asik di Tengah Alam Hutan Pinus

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi para penikmat kopi, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kopinus Ciamis. Tempat ngopi yang satu ini menyuguhkan...

Komentar Legenda PSMS Medan Terhadap Gomes de Oliveira

Info Liga 2, galuh.id - Legenda PSMS Medan, Nobon Kayamudin mengaku akan memantau perkembangan latihan tim tersebut di bawah arahan Gomes de...