Jumat, 17 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
 
 

Periksa Daging Kurban, Disnakkan Ciamis: Semua Sehat dan Layak Konsumsi

Ciamis, galuh.id – Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Disnakkan Ciamis, H Otong Bustomi, mengatakan, hasil dari pemeriksaan 3000 ekor hewan kurban secara post mortem, hasilnya semuanya sehat dan layak untuk dikonsumsi.

“Alhamdulillah semua sehat dan layak dikonsumsi, walaupun tadi ada laporan hasil pemeriksaan sementara ditemukan cacing hati kurang dari 1 persen,” katanya Minggu (11/8/2019).

Sekertaris Disnakkan Ciamis Otong menerangkan, pemeriksaan hewan kurban dilakukan dua kali, yaitu sebelum disembelih atau ante mortem dan setelah disembelih atau post mortem.

“Pemeriksaan hewan kurban yang masih hidup di lokasi kandang bertujuan untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan hewan,” terangnya.

Selain pemeriksaan ante mortem, pihaknya juga melakukan pemeriksaan post mortem atau pemeriksaan pasca disembelih.

Pemeriksaan post mortem meliputi kesehatan organ dalam atau jeroan, karkas atau daging. Tujuannya untuk mendeteksi dan mengeliminasi kelainan pada daging dan organ dalam.

“Pemeriksaan post mortem ini juga untuk memperkuat hasil pemeriksaan ante mortem sebelumnya, sehingga daging dan jeroan aman untuk dikonsumsi, ” paparnya.

Dijelaskannya, hewan kurban yang memiliki cacing hati merupakan sapi yang dikirim atau dibeli dari luar Kabupaten Ciamis.

“Kalau sapi yang berasal dari peternak Ciamis, alhamdulillah bagus-bagus. Karena sebelumnya para peternak sudah diberikan bimbingan cara pengendalian penyakit cacing hati,” jelasnya (Galuh.id/Dede)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendara Motor di Ciamis Wajib Jaga Jarak

Berita Ciamis, galuh.id -Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengendara motor di Ciamis harus jaga jarak ketika berhenti di lampu merah. Hal...

Warga Sambut Baik Pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga sambut baik dengan pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis untuk kendaraan angkutan barang yang menuju Jawa Tengah.

Pemkab Ciamis Usulkan 3 Hutan Konservasi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis mengusulkan 3 hutan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal, Gunung Geger Bentang...

Temukan Kami

49,342FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...