Senin, 19 Oktober 2020
Senin, 19 Oktober 2020
 
 

Periksa Daging Kurban, Disnakkan Ciamis: Semua Sehat dan Layak Konsumsi

Hubungi Kami

Ciamis, galuh.id – Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Disnakkan Ciamis, H Otong Bustomi, mengatakan, hasil dari pemeriksaan 3000 ekor hewan kurban secara post mortem, hasilnya semuanya sehat dan layak untuk dikonsumsi.

“Alhamdulillah semua sehat dan layak dikonsumsi, walaupun tadi ada laporan hasil pemeriksaan sementara ditemukan cacing hati kurang dari 1 persen,” katanya Minggu (11/8/2019).

Sekertaris Disnakkan Ciamis Otong menerangkan, pemeriksaan hewan kurban dilakukan dua kali, yaitu sebelum disembelih atau ante mortem dan setelah disembelih atau post mortem.

“Pemeriksaan hewan kurban yang masih hidup di lokasi kandang bertujuan untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan hewan,” terangnya.

Selain pemeriksaan ante mortem, pihaknya juga melakukan pemeriksaan post mortem atau pemeriksaan pasca disembelih.

Pemeriksaan post mortem meliputi kesehatan organ dalam atau jeroan, karkas atau daging. Tujuannya untuk mendeteksi dan mengeliminasi kelainan pada daging dan organ dalam.

“Pemeriksaan post mortem ini juga untuk memperkuat hasil pemeriksaan ante mortem sebelumnya, sehingga daging dan jeroan aman untuk dikonsumsi, ” paparnya.

Dijelaskannya, hewan kurban yang memiliki cacing hati merupakan sapi yang dikirim atau dibeli dari luar Kabupaten Ciamis.

“Kalau sapi yang berasal dari peternak Ciamis, alhamdulillah bagus-bagus. Karena sebelumnya para peternak sudah diberikan bimbingan cara pengendalian penyakit cacing hati,” jelasnya (Galuh.id/Dede)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kampung Teratai di Ciamis, Wisata Baru yang Lagi Trending

Berita Ciamis, galuh.id - Kampung Teratai di Ciamis bisa menjadi tempat wisata pilihan untuk liburan di akhir pekan. Di sini, ada banyak...

Pasar Dadakan BMX Ciamis Buka Tiap Minggu, Ini Upaya Yang Dilakukan

Berita Ciamis, galuh.id - Pasar Dadakan BMX Ciamis buka pada setiap Hari Minggu, namun terdapat upaya yang dilakukan agar tidak terjadi buka...

Peristiwa Penginjakan Situs Karangkamulyan, DPRD Ciamis Ambil Langkah Politis

Berita Ciamis, galuh.id - Peristiwa penginjakan batu atau situs lambang peribadatan di Karangkamulyan beberapa waktu lalu telah mengundang kegundahan para budayawan dan...

Temukan Kami

48,648FansSuka
196PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Drama BTS Universe YOUTH Siap Rilis, Berikut Para Aktor Pemerannya

Peluncuran drama BTS Universe YOUTH telah diresmikan pihak rumah produksi. Drama tersebut akan diproduksi oleh Produser Kim Jae Hong.

Redeem Code ML Terbaru 2020, Segera Tukarkan!

Redeem code ML merupakan kombinasi dari 17 digit karakter unik yang dapat Anda tukarkan dengan berbagai item. Pastinya item...

Cara Daftar BLT UMKM Online, Dapat Dana Bantuan Rp 2,4 Juta

Cara daftar BLT UMKM Online, atau biasa disebut dengan Banpres (Bantuan Presiden) sebenarnya sangat mudah. Asalkan tahu alur pendaftarannya ke mana saja.

Cara Dapat BLT UMKM, Ini Ketentuannya Agar Bisa Cair!

Bagi para pelaku UMKM kini pemerintah memberikan bantuan agar mampu bertahan di tengah pandemi. Cara dapat BLT UMKM para pelaku usaha harus...

Pendaftaran BPUM atau BLT UMKM, Ini Caranya via Online

Pendaftaran BPUM atau BLT UMKM diperpanjang. Sehingga tak menutup kemungkinan para pelaku UMKM yang belum terdaftar bisa ikut bergabung dalam program uang...