Sabtu, 26 September 2020
Sabtu, 26 September 2020
 
 

Peringatan 10 Tahun Gong Perdamaian Dunia di Ciamis, Warga Papua Ikut Menari

Ciamis, galuh.id– Masyarakat dan budayawan tumpah ruah dalam peringatan 10 tahun berdirinya Gong Perdamaian Dunia (World Peace Gong) di Kuta Galuh Purba Situs Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Senin, (9/9/2019).

Uniknya, pada acara ini terdapat pula puluhan warga Papua yang ikut memeriahkan pagelaran budaya di panggung hiburan di depan saung Gong Perdamaian.

“Saya berharap setelah 10 tahun berdiri, keberadaan Gong Perdamaian Dunia bisa menjadi destinasi wisata internasional. Apalagi Gong Perdamaian Dunia yang ada di Karangkamulyan ini merupakan gong terbesar dari pada gong lainnya di dunia,” ujar Penggagas World Peace Gong, Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan MPKN dalam acara peringatan HUT 10 tahun Gong Perdamaian Dunia di Karangkamulyan.

Menurut Anton, gong ini dibuat dari leburan 400 bilah keris dengan diameter 3,3 meter, lebih panjang dari diameter gong perdamaian lainnya yang hanya 2,2 meter. Di badan gong perdamaian ini terdapat lambang-lambang agama di dunia dan bendera-bendera dari 200 negara anggota PBB.

“Saya bersama Pak H. Yoyo Tjuhaya menggagas gong perdamaian ini. Hanya berdua, sehingga bisa terwujud seperti sekarang ini. Sudah sepuluh tahun gong ini berdiri, menggaungkan semangat perdamaian ke seantero dunia. Dari 40 gong perdamaian di dunia yang ada, ini yang terbesar,” jelas Anton.

Budayawan Sunda, Aip Syarifuddin menambahkan, seremonial hari ulang tahun Gong Perdamaian spiritnya adalah menyampaikan pesan perdamaian ke seluruh dunia.

Setidaknya agar dunia memahami bahwa leluhur Galuh sudah sejak ratusan tahun silam memelihara perdamaian, jauh sebelum marak perang kolosal.

“Para karuhun Galuh sudah memelopori pendekatan damai daripada peperangan. Karena itu, Kerajaan Galuh jarang terlibat perang besar, kalau pun ada perang sesama anak raja, ujungnya adalah damai,” ujar Aip.

Hal unik lainnya, ada pula aksi performa dari anak-anak Papua yang sedang menari. Mereka mengenakan hiasan kepala, coretan di tubuhnya dan kostum jerami khas papua.

Tarian ini membuat para tokoh dan budayawan Ciamis ikut menari dengan irama ceria. Tak hanya itu, warga lokal pun diajak untuk mengikuti irama tarian tersebut.

Selepas menari, anak-anak Papua ini langsung berfoto bersama dengan artis tanah air, Lilis Karlina dan para tokoh budayawan lainnya. (galuh.id/Maisyara)

Loading...

Artikel Terkait

Ciptakan Perubahan, Pemuda Islam di Ciamis Harus Aktif dalam Perpolitikan

Berita Ciamis, galuh.id - Pemuda Islam harus ikut berkontribusi dalam pembangunan dan berkompetisi untuk mengisi posisi kepemimpinan dari mulai level nasional hingga...

PKK Ciamis Beri Kontribusi Besar di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - PKK Ciamis telah memberi kontribusi besar di tengah pandemi Corona. Di bawah komando TP-PKK Kabupaten Ciamis, PKK ikut...

Tren Corona Meningkat, Satgas Penanganan COVID-19 Siap Dibentuk Pemkab Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar persiapan pembentukan Satgas penanganan COVID-19 melalui video conference dari ruang Oproom Setda Ciamis, Kamis, (24/9/2020).

Temukan Kami

48,739FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Thomas Alva Edison, Fisikawan yang Tidak Tamat SD

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Pada tahun 1854, orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan....

Apa Arti Belajar Daring? Tips Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Apa arti belajar Daring dan bagaimana tips belajar saat pandemi Covid-19 untuk guru dan siswa, maupun mahasiswa dan dosen?

Literasi Informasi, Modal Penulis Berkembang di Era Digital

Perkembangan dunia digital dan munculnya begitu banyak platform digital yang semakin merambah ke segala bidang. Hal ini membuat penulis semakin mudah menuangkan...

Ilmuwan ITB Prediksi Tsunami Setinggi 20 Meter

Berita Nasional, galuh.id- Berita mengenai bencana banjir belum lagi reda, kembali jagad media online diramaikan oleh pernyataan ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB)...

Bayern Munchen Juara, Hadiah Ulang Tahun untuk Thomas Muller

Bayern Munchen juara setelah menaklukan lawannya, Sevilla dengan skor tipis 2-1. Kampiun Liga Eropa tersebut terpaksa harus menerima kekalahan di babak tambahan.