Jumat, 17 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
 
 

Promosikan Pariwisata, KNPI Luncurkan Gerakan “Ayo Berwisata di Ciamis”

Ciamis, galuh.id – Geliat Pariwisata Ciamis terbilang cukup potensial. Sebelumnya, setelah Pangandaran menjadi DOB (Daerah Otonomi Baru), Kabupaten Ciamis kehilangan potensi wisata dari sektor laut/pantai.

Hal tersebut membuat Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis terus berupaya mendongkrak pariwisata dari sektor alam dan wisata sejarah mengingat Ciamis sangat kental dengan Kerajaan Galuh.

Salah satu upaya untuk mendongkrak pariwisata, organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Ciamis meluncurkan gerakan “Ayo Berwisata di Ciamis”

KNPI menggandeng beberapa perusahaan swasta dan BUMD, diantaranya Perum Kota Galuh, PWI, PDAM Tirta Galuh, Forum Badan Usaha Milik Desa dan BKPD Lakbok.

Mereka melakukan touring menggunakan sepeda motor yang berawal dari kantor Tourist Information Center (TIC) di samping Gedung Islamic Center menuju obyek wisata Jati Sewu Cibungbang yang terletak di Kecamatan Cipaku dan berakhir di Obyek Wisata Alam Sayang Kaak, Kecamatan Cijeungjing.

Ketua KNPI Ciamis Tohirin mengatakan gerakan “Ayo Berwisata di Ciamis” ini untuk menggairahkan iklim pariwisata di Kabupaten Ciamis agar dikenal oleh para wisatawan.

Sektor pariwisata sangat berkaitan dengan sektor lainnya seperti ekonomi masyarakat dan daya beli masyarakat. Nantinya akan memberi manfaat dan keuntungan bagi masyarakat sekitar tempat wisata, bahkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami sengaja membuat kegiatan touring gerakan ayo berwisata di Ciamis, karena bisa pemicu masyarakat untuk bersama-sama berwisata di Ciamis. Karena Ciamis memiliki potensi alam yang menjadi lokasi wisata yang menarik,” ucapnya.

Kabupaten Ciamis ini, kata Tohirin, sangat kaya dengan berbagai potensi wisata alam dan sejarahnya seperti wisata budaya dan sejarah yang ada di Obyek Ciung Wanara Karangkamulyan, Astana Gede Kawali. Wisata alam seperti Curug Tujuh Cibolang, Hutan Pinus Darmacaang, wisata alam Sungai Cireong dan Cadas Ngampar, juga ada Situ Lengkong Panjalu. Untuk wisata buatan ada Sayang Kaak, Waterboom Sumberjaya dan lainnya.

“Kegiatan ini akan kami gelar secara berkelanjutan, tidak hanya kali ini saja. Ke depan peserta akan lebih banyak lagi. Harapan kami wisata di Ciamis dikenal di luar daerah secara nasional. Sehingga banyak wisatawan datang ke Ciamis,” ucapnya.

Wasdi, Kepala Dinas Pariwisata Ciamis sangat mengapresiasi kegiatan gerakan “Ayo Berwisata di Ciamis”. Menurutnya wisata itu bukan hanya menikmati tapi bisa mempublikasikan. Gerakan ini merupakan suatu awal yang luar biasa.

“Saya ucapkan terima kasih, sehingga ke depan potensi wisata di Ciamis akan lebih dinikmati masyarakat banyak. Bukan hanya ramai saja, juga akan berdampak pada perekonimian,” ujarnya.

Diharapkan kepada generasi muda di Kabupaten Ciamis untuk terus mempromosikan dan mempublikasikan potensi wisata Ciamis.

“Potensi luar biasa tapi belum memberikan income yang luar biasa, memang karena pengelolaannya masih biasa ke depan kami akan memperhatikan lebih agar wisata Ciamis bisa lebih baik,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendara Motor di Ciamis Wajib Jaga Jarak

Berita Ciamis, galuh.id -Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengendara motor di Ciamis harus jaga jarak ketika berhenti di lampu merah. Hal...

Warga Sambut Baik Pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga sambut baik dengan pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis untuk kendaraan angkutan barang yang menuju Jawa Tengah.

Pemkab Ciamis Usulkan 3 Hutan Konservasi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis mengusulkan 3 hutan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal, Gunung Geger Bentang...

Temukan Kami

49,342FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...