Minggu, 20 September 2020
Minggu, 20 September 2020
 
 

Puluhan Rumah Tertimpa Longsor di Ciamis

Ciamis, galuh.id –  Longsor di Ciamis menimpa 21 rumah di RT 08 RW 02, Dusun Kacangcingkrang, Desa Mekarmulya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Jawa Barat, pada Senin malam (29/3/2019).

Ani Supiani, Kabid Darlog BPBD Kabupaten Ciamis mengatakan pihaknya sudah mendata setidaknya 3 rumah terdampak longsor di Ciamis. Menurutnya, dari 3 rumah tersebut, tercatat milik Didi rusak ringan, rumah milik Sugiri dan rumah Usup yang merupakan rumah semi permanen tercatat rusak berat.

“Kerugian rumah milik warga tersebut mencapai puluhan juta rupiah, itu baru dari 3 rumah,” kata Ani, Selasa (30/4/2019).

Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Pamarican sejak Minggu sore (28/4/2019) disinyalir jadi penyebab longsor di Ciamis. Sedangkan, tinggi longsoran beragam karena titik longsor berbda-beda.

“Kami masih terus mendata rumah terdampak longsor di Desa Mekarmulya, kendalanya jalan menuju lokasi sempit dan juga rusak,” katanya.

Sementara kebutuhan mendesak yang dibutuhkan korban, yakni, terpal dan tikar. Beberapa keluarga tercatat masih memiliki anak usia sekolah, sehingga korban juga membutuhkan perlengkapan sekolah.

“Warga juga ada yang mengungsi ke rumah saudaranya, atas nama Bapak Usup dan Sagiri, karena kedua rumahnya rusak berat tertimpa longsor,” ucapnya.

Selain longsor, pada Minggu malam (28/4/2019) kawasan Kecamatan Pamarican juga dilanda banjir. Genangan air setinggi betis orang dewasa merendam setidaknya 30 rumah di Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Ciamis.

Banjir diakibatkan jebolnya tanggul sungai Citalahab, karena hujan deras dan terus menerus yang terjadi di Blok Pacormalang, RT 13 RW 05, Dusun Sambungjaya dan Dusun Kertajati, Kecamatan Pamarican. Akibat banjir ini, setidaknya 30 rumah tergenang air.

Warga bersama relawan BPBD Ciamis berusaha menyedot air dan mengalirkannya ke sungai pada Senin siang (29/4/2019). Dua mesin pompa air pun digunakan agar banjir kembali surut.

“Sampai Senin sore, air sudah surut, namun kami juga menanggulangi tanggul yang jebol dengan menutupnya,” ujar Ani Supiani, Kabid Darlog BPBD Kabupaten Ciamis.

Selain merendam rumah, setidaknya 1 hektar areal persawahan juga terendam air. Beruntung banjir datang saat padi sudah dipanen.

“Aktifitas warga tidak terganggu, karena jalanan walau terendam air kemarin namun masih bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, selain itu aktifitas perekonomian warga juga berjalan seperti biasanya,” katanya.

Walau begitu, warga terdampak banjir, berharap agar tanggul yang jebol dari Sungai Citalahab bisa segera diperbaiki secara permanen, untuk antisipasi jika hujan kembali mengguyur Kecamatan Pamarican. (galuh.id/K. Putu Latief)

Loading...

Artikel Terkait

Hilang 14 Hari, Kakek di Pamarican Ciamis Ditemukan Tak Bernyawa

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang kakek di Pamarican Ciamis yang berusia 82 tahun tepatanya warga Dusun Mulyasari, Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Ciamis...

Malang, Rumah Warga Rancah Ini Terbakar Habis Hingga Rata dengan Tanah

Berita Ciamis, galuh.id – Malang menimpa Sapria (60), warga RT 005, RW 008, Dusun Pangrumasan, Desa Cileungsir, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pasalnya...

Kebakaran Hanguskan Rumah di Pamarican Ciamis, Korban Dapat Bantuan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebuah rumah di Dusun Sidamulya, RT 02, RW 01, Desa Sukamukti, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis milik pasangan suami...

Temukan Kami

48,779FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...

Kenapa BLT BPJS Tahap 4 Belum Cair? Ternyata Ini Penyebabnya

BLT BPJS tahap 4 belum cair dikeluhkan oleh masyarakat. Hingga kini masih banyak pekerja yang belum menerima subsidi upah ini.

Kopinus Ciamis Ngopi Asik di Tengah Alam Hutan Pinus

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi para penikmat kopi, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kopinus Ciamis. Tempat ngopi yang satu ini menyuguhkan...

Komentar Legenda PSMS Medan Terhadap Gomes de Oliveira

Info Liga 2, galuh.id - Legenda PSMS Medan, Nobon Kayamudin mengaku akan memantau perkembangan latihan tim tersebut di bawah arahan Gomes de...