Senin, 19 Oktober 2020
Senin, 19 Oktober 2020
 
 

PWI Jabar Imbau Wartawan Beritakan Virus Corona dengan Akurat dan Tak Menyebar Identitas Pasien

Hubungi Kami

PWI Jabar Imbau Wartawan Beritakan Virus Corona dengan Akurat dan Tak Menyebar Identitas Pasien

Berita Jabar, galuh.id – Hilman Hidayat, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat meminta wartawan untuk memberitakan virus corona dengan akurat dan berbasis data.

“Wartawan dituntut menyusun berita terkait virus Covid-19 dengan akurat sehingga tidak menyebabkan kepanikan di masyarakat,” kata Hilman dalam press realese yang diterima Galuh ID, Rabu (4/3/2020).

Lanjut Hilman, hal itu sesuai dengan Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 dimana pers nasional disebut punya peran sebagai media informasi, pendidikan, dan juga control sosial.

“Begitupun saat memberitakan penderita pasien yang terjangkit virus corona, tidak boleh membuka identitas dari pasien, nama lengkap, keluarganya, termasuk alamatnya. Harus dirahasiakan,” tegas Hilman.

Hilman juga meminta wartawan yang meliput kasus virus corona agar mewawancarai narasumber yang kompeten agar berita yang sampai kepada masyarakat dapat dipertanggung jawabkan.

“Untuk sumber informasi dan berita seputar virus corona di Jawa Barat bisa datang langsung ke Pusat Pusat Informasi & Koordinasi Virus Corona atau Covid-19 Jawa Barat.

Ketua PWI Jawa Barat ini juga menegaskan agar wartawan tidak menyusun berita yang sifatnya sensasi. Berita sensasional terkait virus corona bisa menimbulkan kepanikan, hal ini, menurutnya harus dihindari.

“Beritakan dengan akurat, narasumbernya kompeten, jangan berita yang mengarah ke berita sensasional,” katanya.

Hilman juga mewanti-wanti wartawan yang meliput kasus virus corona agar menjaga keselamatan diri.

Wartawan diminta untuk melengkapi diri dengan alat kelengkapan untuk menjaga kesehatan, salah satunya masker. (GaluhID/Ndu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Ratusan Personel Yonif 754 Ikuti Pelatihan Pasukan Raider

Berita Jabar, galuh.id - Ratusan personel Batalyon Infanteri atau Yonif 754 mengikuti latihan pembentukan pasukan Raider. Para prajurit ini dilatih untuk menjadi...

Gunung Salak Terbelah, Masyarakat Diminta Waspada

Belakangan ini tengah viral kabar mengenai foto dan video Gunung Salak terbelah di Perbatasan Bogor dan Cianjur, Jawa Barat.

Bangun Infrastruktur, Pemprov Jabar Dapat Pinjaman PEN Daerah 1,8 Trilyun

Berita Jabar, galuh.id - Pemprov Jawa Barat menginisiasi pembiayaan untuk mendanai pembangunan infrastruktur di Jawa Barat melalui pinjaman PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional)...

Temukan Kami

48,648FansSuka
196PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Drama BTS Universe YOUTH Siap Rilis, Berikut Para Aktor Pemerannya

Peluncuran drama BTS Universe YOUTH telah diresmikan pihak rumah produksi. Drama tersebut akan diproduksi oleh Produser Kim Jae Hong.

Redeem Code ML Terbaru 2020, Segera Tukarkan!

Redeem code ML merupakan kombinasi dari 17 digit karakter unik yang dapat Anda tukarkan dengan berbagai item. Pastinya item...

Cara Daftar BLT UMKM Online, Dapat Dana Bantuan Rp 2,4 Juta

Cara daftar BLT UMKM Online, atau biasa disebut dengan Banpres (Bantuan Presiden) sebenarnya sangat mudah. Asalkan tahu alur pendaftarannya ke mana saja.

Cara Dapat BLT UMKM, Ini Ketentuannya Agar Bisa Cair!

Bagi para pelaku UMKM kini pemerintah memberikan bantuan agar mampu bertahan di tengah pandemi. Cara dapat BLT UMKM para pelaku usaha harus...

Pendaftaran BPUM atau BLT UMKM, Ini Caranya via Online

Pendaftaran BPUM atau BLT UMKM diperpanjang. Sehingga tak menutup kemungkinan para pelaku UMKM yang belum terdaftar bisa ikut bergabung dalam program uang...