Jumat, 17 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
 
 

Rakor SDM PKH Kabupaten Ciamis Wilayah Barat: Nostalgia Kaulinan Barudak Baheula

Ciamis, galuh.id – SDM PKH Kabupaten Ciamis Wilayah Barat menggelar Rakor (Rapat Koordinasi) dengan penuh keceriaan, bertempat di Sakola Motekar di Dusun Cibunar, Desa Sukajadi Sadananya Ciamis, Kamis (10/10/2019).

Pasalnya Rakor yang berlangsung di bawah rindangnya pepohonan ini, disertai dengan nostalgia kaulinan barudak ‘baheula’.

Diawali dengan oray-orayan dengan dipandu oleh para pegiat Sakola Motekar, seluruh pesert Rakor antusias mengikuti arahan dengan penuh keceriaan.

Sehingga Rakor yang dihadiri oleh Sekmat Sadananya Ir. Cecep Mulyana, nampak penuh canda tawa yang menjadikan waktu berlalu begitu cepat.

Terlebih setelah oray-orayan, dilanjutkan dengan salam sabrang yang membutuhkan konsentrasi antara pemainnya, untuk yang pernah bermain, permainan tradisional ini akan mudah dilakukan.

Foto : Dokpri galuh.id

Sementara itu, koordinator PKH Kecamatan, Andri Susanto, S.ST, menyampaikan, bahwa Rakor saat ini sangat istimewa, selain berlokasi di Sakola Motekar, Rakor ini bertepatan dengan HUT PKH Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah selain untuk memperingati PKH Kabupaten Ciamis, Rakor kali ini bisa kembali mengingatkan pada masa lalu, serta membangkitkan kembali tradisi kaulinan budak baheula,” jelas Andri.

Koordinator PKH Kabupaten Ciamis, Indra Maulana, S.IP,M.M dalam sambutannya menyambut baik Rakor di Sakola Motekar, terlebih peserta Rakor terlebih dahulu diajak memainkan ‘kaulinan barudak baheula’.

“Ini bagus karena bisa juga model kaulinan barudak ini dijadikan pembendaharaan ice breaking pada kegiatan P2K2 para pendamping,” jelas Indra.

Indra menambahkan kaulinan barudak ini penuh dengan makna, ada yang bisa dilakukan perorangan, tetapi lebih banyak permainannya harus dilakukan secara berkelompok.

Bahkan Sekmat Sadanany, Ir. Cecep Mulyono dirinya merasa nostalgia pada masa lalunya sekitar tahun 70an.

“Luar biasa ini mengingatkan saya pada masa kecil, jika di sini ada yang tahun 80an saya tahun 70an, jadi kegiatan ini mengingatkan saya pada masa-masa saat saya masih kecil,” kata Ir. Cecep dalam sambutannya.

Kemudian menurut Peksos Supervisor PKH Kabupaten Ciamis Iis Faridah, S.ST, bahwa kaulinan barudak baheula bisa diaplikasikan pada kegiatan P2K2.

“Dengan diberikannya tentang kaulinan barudak baheula ini diharapkan para KPM PKH dapat menerapkannya di rumah masing-masing,” jelas Iis.

Indra berharap agar model permainan ini dapat diterapkan oleh para KPM di lingkungannya masing-masing, agar dapat meminimalisir pengaruh buruk pada anak-anak dari kecanduan gadget. (GaluhID/YP)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendara Motor di Ciamis Wajib Jaga Jarak

Berita Ciamis, galuh.id -Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengendara motor di Ciamis harus jaga jarak ketika berhenti di lampu merah. Hal...

Warga Sambut Baik Pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga sambut baik dengan pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis untuk kendaraan angkutan barang yang menuju Jawa Tengah.

Pemkab Ciamis Usulkan 3 Hutan Konservasi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis mengusulkan 3 hutan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal, Gunung Geger Bentang...

Temukan Kami

49,340FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...