Minggu, 20 September 2020
Minggu, 20 September 2020
 
 

Selamat! Pasar Galuh Kawali Juara 1 Festival Pasar Rakyat Tingkat Jabar

Ciamis, galuh.id – Pasar Galuh Kawali jadi juara 1 di Festival Pasar Rakyat Juara tingkat Provinsi Jawa Barat 2019 karena dinilai bersih dan mampu bersaing dengan pasar modern.

Dari kejuaraan itu, Kabupaten Ciamis mendapat uang pembinaan sebesar Rp 25 juta dan satu buah mobil mini bus Suzuki APV. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan hadiah secara langsung kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis diwakili Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Ciamis, Yusuf. 

Yusuf mengatakan, Festival tersebut baru pertama kali dilakukan. Menurutnya, Festival Rakyat Juara itu akan memacu daerah untuk memperbaiki pasar lebih baik.

“Alhamdulillah Ciamis jadi juara 1 dalam Festival Pasar Rakyat Juara 2019. Pasar Galuh Kawali yang masuk nominasi dalam kategori pasar kecil,” ujar Yusuf di Kantornya, Senin (25/11/2019).

Ia mengatakan, pihaknya tidak mengetahui kalau Pasar Galuh Kawali masuk nominasi. Secara tiba-tiba Yusuf mendapat undangan ke Bandung untuk menggelar ekspose terkait Pasar Galuh Kawali.

“Memang sebelumnya kita mendaftarkan Pasar Kawali untuk nominasi pasar kecil. Tapi kita tidak tahu kalau masuk nominasi enam besar. Tahu-tahu kita disuruh ekspose di Bandung,” ujar Yusuf.

Ternyata, katanya, apa yang ditemukan oleh tim Gubernur Jawa Barat sama dengan materi yang diekspose Dinas Perdagangan Ciamis. 

Menurut Yusuf, dirinya hanya menerima pertanyaan tentang masalah sosial di sekitar Pasar Galuh Kawali. Serta memberi pertanyaan tentang persaingan pasar tradisional dengan pasar modern di Kabupaten Ciamis.

“Kita jawab kalau pasar modern memang sebagai kompetitor. Dan menurut kami, kompetitor itu biasa di dalam hukum pasar. Itu kan biasa, pasti ada persaingan dari jual beli itu. Hanya saja, sebagai pasar tradisional harus mampu memberikan persaingan dalam pelayanan kepada pembeli,” katanya.

Menurutnya, jumlah kios di Pasar Kawali sebanyak 426 kios dan ada 94 loss. Pasar Kawali bisa bersaing dengan pasar modern karena sudah tidak ada yang kotor dan becek. Semuanya bersih serta higienis.

Dalam penilaian Pasar Galuh Kawali dinilai paling bersih dari sekian pasar yang dinilai oleh tim penilai perwakilan dari provinsi, hal tersebut membuat Pasar Galuh Kawali mendapatkan nilai tinggi dari kebersihannya dan fasilitas umum yang tersedia.

“Pasar Kawali bukan pasar yang dahulu orang bilang itu kotor, sehingga pembeli juga males untuk belanja. Tapi pasar tradisional di Ciamis sudah benar-benar bersaing dengan pasar modern,” ucapnya. (GaluhID/Taz)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,779FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...

Kenapa BLT BPJS Tahap 4 Belum Cair? Ternyata Ini Penyebabnya

BLT BPJS tahap 4 belum cair dikeluhkan oleh masyarakat. Hingga kini masih banyak pekerja yang belum menerima subsidi upah ini.

Kopinus Ciamis Ngopi Asik di Tengah Alam Hutan Pinus

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi para penikmat kopi, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kopinus Ciamis. Tempat ngopi yang satu ini menyuguhkan...

Komentar Legenda PSMS Medan Terhadap Gomes de Oliveira

Info Liga 2, galuh.id - Legenda PSMS Medan, Nobon Kayamudin mengaku akan memantau perkembangan latihan tim tersebut di bawah arahan Gomes de...

Persiapan Liga 2 2020, Martapura FC Datangkan Mantan Penyerang Kalteng Putra

Info Liga 2, galuh.id - Martapura FC perlahan-lahan mulai mendatangkan beberapa pemain sebelum kompetisi Liga 2 dimulai. Salah satunya adalah dengan membawa...