Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

Sidak Bupati Ciamis ke Banjarsari: Pasar Baru Tak Ditempati, Sungai Cikaso Penuh Sampah

Banjarsari, galuh.id – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kecamatan Banjarsari, Kamis (26/9/2019).

Ada dua tempat yang didatangi Bupati Ciamis, yaitu pasar baru Banjarsari dan sungai Cikaso.

Herdiat melakukan Sidak ke Banjarsari setelah mendapat pesan WhatsApp dari salah seorang warga Banjarsari. Warga melaporkan Sungai Cikaso yang dipenuhi sampah.

Ketika Sidak di Pasar Banjarsari, Herdiat
berjanji akan memperbaiki fasilitas pasar termasuk infrastruktur jalan.

“Waduh bener-bener parah keadaannya.
Ini harus segera diperbaiki. Insya Allah, kita akan perbaiki, mungkin tahun ini atau tahun berikutnya. Pokoknya akan kita lakukan perbaikan secara berjenjang,” katanya.

Herdiat juga masuk ke gedung pasar yng baru dibangun. Herdiat mengaku heran melihat gedung pasar megah yang berisi los, namun belum digunakan untuk berdagang.

Bupati sempat menelpon Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) untuk mempertanyakan akar permasalahannya.

“Sayang pasar semegah ini belum juga di-gunakan. Saya akan cari akar masalahnya,” ujar Herdiat.

Usai meninjau pasar, Herdiat berjalan menuju sungai Cikaso yang tak jauh dari pasar.

Melihat kondisi sungai Cikaso di penuhi sampah, Herdiat kemudian berkomunikasi dengan Kadis DPRKPLH yang ikut mendampinginya.

“Ini urgen, harus segera lakukan upaya penanggulangabnya. Insya Allah kita akan terjunkan alat berat untuk mengeruk sampah ini, sebelum musim hujan datang,” kata Herdiat.

Meskipun begitu, Herdiat juga mengimbau adanya kesadaran dari masyarakat.

“Percuma setelah kita keruk, kalau masyarakat tetap membuang sampah ke sungai, ya percuma tidak akan ada artinya,” katanya.

Herdiat berencana menyimpan bak penampungan sampah di beberapa titik, agar masyarakt tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, Herdiat juga berjanji akan menambah armada pengangkut sampah dan akan menyimpan pemadam kebakaran (Damkar) di kecamatan Banjarsari.

Sementara aktivis lingkungan dari komunitas Lingkar Matahati, Muhammad Abid Buldani menyampaikan langsung kepada Bupati Ciamis akar permasalahan terkait sampah di Banjarsari.

“Permasalahannya bagi masyarakat yaitu masalah fasilitas pembuangan sampah. Sepertinya apabila ada fasilitas pembuangannya, Insya Allah masyarakat tidak akan membuang sampah ke sungai,” paparnya. (GaluhID/Uus)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pengamanan Pelaksanaan Pilkades Ciamis Kewajiban Bersama

Berita Ciamis, galuh.id - Pengamanan dalam pelaksanaan Pilkades Ciamis adalah kewajiban bersama. Tak hanya pemda, panitia dan para pemilih pun harus berperan...

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Temukan Kami

49,398FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Login www.prakerja.go.id untuk Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4

Berita Nasional, galuh.id - Pekerja yang terkena PHK dapat mengikuti program kartu Prakerja dengan mendaftarkan diri melalui situs resmi Pra Kerja di...

Ketika Gadis Binalnya Meatball Ciamis Bergema di Panggung Amal

Galuh ID - Pertama kali Noorman Subagja, gitaris Meatball Ciamis menunjukkan lagu Gadis Binal, ingatan saya langsung tertuju ke Jamrud pada masa kejayaannya. Bagi...

Bromance Wander Luiz dan Geoffrey Castillion Jadi Kunci Sukses Persib Bandung

Info Liga 1, galuh.id - Performa Persib Bandung sedang mengkilap di bawah kepelatihan Robert Alberts. Maung Bandung -julukan Persib- memuncaki klasemen Liga...

Pameran Potensi Desa Gegempalan Cikoneng Masyarakat Antusias

Cikoneng, galuh.id - Desa Gegempalan, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis menggelar Pameran Pembangunan Desa di tahun 2018. Pameran ini digelar di Lapangan Sepakbola Desa Gegempalan...

Memaknai Ngaliwet Sebagai Warisan Budaya Lokal

Tradisi makan nasi liwet "ngaliwet" dikalangan orang sunda sudah menjadi budaya populer. Tradisi ini memiliki keunikan tersendiri dengan banyak menyimpan sarat makna. Memaknai "Ngaliwet" dari...