Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

Spanduk ‘Ganyang Koruptor’ Terbentang di Kantor Desa Purwasari Ciamis, Ada Apa?

Banjarsari, galuh.id– Warga Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari, kabupaten Ciamis, memasang spanduk tuntutan agar menindak tegas koruptor. Pemasangan spanduk dilakukan di halaman kantor Desa Purwasari.

Spanduk tersebut bertuliskan ‘Ganyang Koruptor Kami Masyarakat Menuntut Keadilan’ dan tulisan ‘Selamatkan Dana Bumdes dari Orang yang Rakus Stop Korupsi Sekarang Juga’.

Ketua Badan Permusawaratan Desa BPD) Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari, Erlan Bahtiar, mengatakan, pemasangan spanduk tersebut diduga akibat kekecewaan warga terhadap pemerintah Desa yang lamban dalam menyelesaikan permasalahan yang melibatkan oknum perangkat desa.

“Oknum tersebut diduga telah menggelapkan uang Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Purwasari tahun anggaran 2017,” ujar Erlan kepada Galuh ID saat ditemui di rumahnya Senin, (9/9/2019) malam.

Bahkan, kata dia, penggelapan dana yang diduga dilakukan oknum tersebut sudah jadi perbincangan masyarakat.

“Maka kami sebagai perwakilan masyarakat, kemudian menindaklanjuti keinginan masyarakat ke pihak pemerintahan Desa. Namun pemerintahan desa seakan membiarkan begitu saja. Ya wajarlah warga bereaksi,” ucap Erlan.

Erlan mengungkapkan, keinginan masyarakat kepada pemerintah desa sebenarnya sederhana, yakni agar oknum aparat desa tersebut mengundurkan diri dan mengembalikan uang tersebut.

“Oknum perangkat desa tersebut sebenarnya telah mengakui bahwa uang Bumdesa ada di dirinya. Namun ketika dipinta oleh pengawas Bumdesa supaya uang tersebut dikembalikan, oknum tersebut tidak bisa mengembalikannya,” terangnya.

Oknum tersebut, menurut Erlan, pernah didesak untuk segera mengembalikan dana Bumdesa. Namun, lantaran belum bisa mengembalikan saat itu, maka dibuatlah perjanjian di atas materai.

“Dalam isi surat perjanjian, si oknum perangkat desa ini siap mengembalikan uang di akhir bulan Agustus 2019, dan apabila dalam jangka yang telah ditentukan belum bisa mengembalikan, maka si oknum ini siap di proses hukum,” katanya.

Namun, kata Erlan, sampai bulan September oknum perangkat desa tersebut belum juga mengembalikan uang Bumdesa.

“Maka kemudian timbul reaksi dari masyarakat, berupa pemasangan spanduk di depan kantor Desa,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Desa Purwasari, Darus, saat ditemui Galuh ID, Selasa (10/9/2019) membenarkan ada anak buahnya yang diduga telah menggelapkan uang Bumdes tahun 2017.

Saat ini, pihaknya sedang berkonsultasi dengan kecamatan terkait langkah yang akan ditempuh selanjutnya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Kami sedang berupaya, bagaimana langkah selanjutnya agar masalah ini cepat selesai dan sekarang kami sedang berkonsultasi dengan pihak kecamatan.
Kalau memang langkah pemecatan yang harus ditempuh, kami mengikuti saja,” katanya. (galuh.id/Uus)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...