Jumat, 17 September 2021
Jumat, 17 September 2021
spot_img

Tak Kuat Menahan Luapan Air, TPT di Baregbeg Ciamis Ambruk

Berita Ciamis, galuh.id – Tembok Penahan Tebing (TPT) yang berada di pinggir Sungai Cikolotok Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, ambruk pada Minggu (1/11/2020) malam.

Ambruknya tembok penahan tebing tersebut diduga lantaran tidak kuat menahan luapan air sungai.

Reruntuhan material tanah dan tembok berjatuhan ke sungai. Sehingga menyebabkan aliran sungai menjadi tersumbat.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Baregbeg dan sekitarnya dari petang sampai pagi mengakibatkan TPT di pinggir Sungai Cikolotok di Desa Saguling runtuh.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan, kejadian runtuhnya tembok penahan tebing tersebut diduga akibat tidak kuat diterjang air deras sungai Cikolotok.

“Kejadian ambruknya TPT itu malam tadi. Saat hujan deras berlangsung dan air sungai meluap. Dugaan sementara lantaran tak kuat menahan luapan air,” kata Ade Waluya, Minggu (1/11/2020).

Lebih lanjut Ade menerangkan, akibat runtuhnya tembok penahan tebing atau TPT tersebut, material tanah dan tembok jadi mengahalangi aliran air Sungai Cikolotok.

TPT di Baregbeg Ciamis Ambruk, Aliran Sungai Tersumbat

Akibat TPT ambruk, reruntuhan material berupa tanah dan tembok masuk ke sungai. Sehingga menyebabkan aliran air sungai menjadi tersumbat.

“Reruntuhan material tanah dan tembok jadi masuk ke sungai akibat bangunan TPT ambruk. Sehingga menyumbat aliran air sungai,” jelas Ade Waluya.

Pasca ambruknya tembok penahan tebing tersebut ambruk, sambung Ade, warga di lingkungan setempat langsung bergotong royong mengevakuasi reruntuhan material.

Hal itu dilakukan oleh warga setempat agar aliran air Sungai Cikolotok tidak lagi tersumbat oleh reruntuhan material. Sehingga air bisa kembali mengalir dengan lancar.

“Untuk menghindari aliran air sungai Cikolotok tersumbat. Warga kemudian mengevakuasi material tembok yang berada di sungai,” tutur dia.

Sementara itu, Totong tokoh warga Desa Saguling berharap agar pihak pemerintah segera memperbaiki kembali bangunan tembok penahan tebing yang ambruk tersebut.

“Dulu kan yang membangunnya itu pemerintah. Jadi sekarang pun karena TPT di pinggir sungai Cikolotok ambruk, maka pemerintah pula yang harus membangunnya,” kata Totong. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan