Minggu, 20 September 2020
Minggu, 20 September 2020
 
 

Tutupi Utang Kampanye, Anggota DPRD Ciamis Gadaikan SK

Ciamis, galuh.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis dilantik pada 5 Agustus 2019. Baru satu bulan, namun banyak anggota legislatif itu yang langsung menggadaikan SK-nya ke Perbankan.

Informasi yang didapat Galuh ID, ada sekitar 30-40 persen dari jumlah keseluruhan Anggota DPRD Kabupaten Ciamis yang sudah menggadaikan SK-nya untuk mendapatkan kredit.

Menurut Ketua Sementara DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana fenomena menggadaikan SK itu adalah hal yang sangat wajar. Ketimbang seorang anggota terjebak korupsi.

“Daripada anggota dewan mencuri uang negara, lebih baik ngutang yang bisa dibayar pakai gaji. Kalau ngutang di Perbankan ada asuransinya dan kalau pinjaman itu kredit untuk 48 bulan lunas,” ujar Nanang, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, biasanya Anggota DPRD yang menggadaikan SK lantaran membutuhkan uang untuk membayar utang pasca kampanye. Atau, lanjutnya, uang pinjaman itu untuk merealisasikan janji kampanye yang belum terpenuhi.

Nanang menegaskan, bahwa lebih bagus meminjam uang ke Perbankan setelah jadi anggota DPRD. Ketimbang meninggalkan utang setelah kampanye.

“Meminjam uang ke Perbankan itu bagus, daripada meninggalkan utang setelah kampanye. Kalau utang ke Perbankan itu ada asuransinya,” katanya.

Nanang Permana yang juga anggota DPRD Ciamis tidak mempermasalahkan banyaknya anggota DPRD menggadaikan SK, pasalnya itu merupakan ranah pribadi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan sebagai anggota dewan.

“Tidak masalah, silahkan saja kalau memang SK-nya mau digadaikan, itu hak mereka masing-masing dan secara hukumpun tidak melarangnya, juga tidak harus melapor ke pimpinan,” katanya.

Nanang mengaku sampai saat ini pihaknya belum pernah menggadaikan SK kerjanya ke pihak Bank.

“Saya waktu kampanye tidak mengeluarkam biaya yang banyak, cukup dengan bersilaturahmi dan menjalin komunikasi baik dengan para pemilih,” pungkasnya. (galuh.id/Taz)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,779FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...

Kenapa BLT BPJS Tahap 4 Belum Cair? Ternyata Ini Penyebabnya

BLT BPJS tahap 4 belum cair dikeluhkan oleh masyarakat. Hingga kini masih banyak pekerja yang belum menerima subsidi upah ini.

Kopinus Ciamis Ngopi Asik di Tengah Alam Hutan Pinus

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi para penikmat kopi, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kopinus Ciamis. Tempat ngopi yang satu ini menyuguhkan...

Komentar Legenda PSMS Medan Terhadap Gomes de Oliveira

Info Liga 2, galuh.id - Legenda PSMS Medan, Nobon Kayamudin mengaku akan memantau perkembangan latihan tim tersebut di bawah arahan Gomes de...